Prestasi Kerja



“Prestasi Kerja”


Prestasi kerja merupakan hal yang ingin kita capai dalam suatu pekerjaan tidak hanya berbentuk pujian atau kenaikan jabatan saja prestasi kerja juga bisa membuat orang termotivasi untuk menyelesaikan suatu pekerjaan dengan lebih efektif dan efisien.
Berbicara mengenai prestasi kerja tentunya semua orang mengharapkan itu, tetapi dalam mencapai prestasi kerja tidak lah semudah yang kita harapkan karena orang yang berkerja lama /berpengalaman pun belum tentu dapat mencapai prestasi kerja yang baik. Adapun beberapa hal yang harus kita perhatikan dalam menggapai prestasi kerja menurut( lukman khakim) yaitu
1.       Fokus pada tujuan
2.       Niat dan semangat
3.       Bertanggung jawab
4.       Disiplin
5.       Pantang menyerah
6.       Melakukan sesuatu dengan rasa cinta
7.       Lakukan sesuatu dengan cara dan kemampuan mu sendiri

Dan sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai prestasi kerja kita perlu tau apa itu prestasi dan apa itu prestasi kerja berikut adalah penjelasannya Menurut Bernardin dan Russ el dalam tulisan Edy Sutrisno (2009) memberikan definisi tentang prestasi adalah catatan tentang hasil-hasil yang diperoleh dari fungsi-fungsi pekerjaan tertentu atau kegiatan tertentu selama kurun waktu tertentu. Prestasi kerja menurut Byars dan Rue dalam tulisan Edy Sutr isno (2009) mengartikan prestasi sebagai tingkat kecakapan seseorang pada tugas-tugas yang mencakup pada pekerjaannya. Pengertian tersebut menunjukkan pada bobot kemampuan individu di dalam memenuhi ketentuan-ketentuan yang ada di dalam pekerjaannya. Sedangkan prestasi kerja adalah hasil upaya seseorang yang ditentukan oleh kemampuan karakteristik pribadinya serta persepsi terhadap perannya dalam pekerjaan itu.  
Menurut Yuli (2005:89), “Prestasi kerja merupakan hasil kerja secara kualitas dan kuantitas yang dicapai oleh seorang karyawan dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan kepadanya”.menurut (Hariandja, 2002:195). “Prestasi kerja merupakan hasil kerja yang dihasilkan oleh pegawai atau perilaku nyata yang ditampilkan sesuai dengan peranannya dalam organisasi” Pendapat Hasibuan (2009:94), mengatakan bahwa “Prestasi kerja merupakan suatu hasil kerja yang dicapai seseorang dalam melaksanakan tugas-tugas yang dibebankan kepadanya yang didasarkan atas kecakapan, pengalaman, dan kesungguhan serta waktu”.
Menurut Steers dalam tulisan Edy Sutrisno (2009) mengemukakan, umumnya orang percaya bahwa prestasi kerja individu merupakan fungsi gabungan dari tiga faktor, yaitu :
a.    Kemampuan, perangai dan minat seorang pekerja
b.    Kejelasan dan penerimaan atas penjelasan peranan seorang pekerja
c.    Tingkat motivasi kerja
Sedangkan menurut Byars dan Rue dalam tulisan Edy Sutrisno (2009) mengemukakan ada dua faktor yang mempengaruhi prestasi kerja, yaitu faktor individu dan faktor lingkungan. Faktor-faktor individu yang dimaksud adalah :
1)       Usaha (effort), yang menunjukkan sejumlah senergi fisik dan mental yang digunakan dalam menyelenggarakan gerakan tugas,
2)       Abilities, yaitu sifat-sifat personal yang diperlukan untuk melaksanakan suatu tugas,
3)       Role atau Task Perception, yaitu segala perilaku dan aktivitas yang dirasa perlu oleh individu untuk menyelesaikan suatu pekerjaan.
Sedangkan faktor-faktor lingkungan yang mempengaruhi prestasi kerja  adalah kondisi fisik, peralatan, waktu, materil, pendidikan, supervisi, desain organisasi, pelatihan dan keberuntungan.  Faktor-faktor lingkungan ini tidak langsung menentukan prestasi kerja seseorang tetapi mempengaruhi faktor-faktor individu. Dapat dilihat bahwa perilaku seseorang dalam organisasi merupakan hasil dari interaksi berbagai variabel yaitu individual dan situasional.
Dalam menjalankan tugas dan kewajibanya prestasi kerja dapat tercapai bisa dengan melalui pendidikan dan pelatihan. Dalam pendidikan dan pelatihan ini prestasi kerja dimulai dari proses pembelajaran .dengan menggunakan metode-metode tertentu dan mengaplikasikannya dalam setiap pekerjaannya, sehingga prestasi kerja dapat tercapai melalui pendidikan dan pelatihan yang diterimanya.
I sure you can do it.   And you should try and go on….. for getit.

0 Response to "Prestasi Kerja"

Post a Comment