Administrasi logistik dalam istilah asing disebut
“suply menajement” yaitu proses kegiatan dari fungsi-fungsi yang merupakan
perpaduan dalam bidang-bidang perkiraan, kebutahan,anggaran, pengadaan,
penyimpanan, distribusi, pemeliharaan, dan penghapusan.
Menurut
Bowersox (2002:14) menajement logistik adalah “tanggung
jawab manajerial mendesain dan mengurus suatu sistem untuk mengawasi arus dan
penyimpangan yang strategis bagi materil, suku cadang dan barang jadi agar
dapat diperoleh manfaat maksimum bagi perusahaan.”
Handi
(2007) mengemukakan pengertian administrasi perbekalan
adalah:
Penilitian dan poenentuan kebutuhan dan perbekalan
kerja, pembukuan dan perincian kerja-kerja, proses pembelian barang, pencatatan
dan pengurusan harta benda, teknik penyimpanan dan perawatan barang, prosedur
penyingkiran benda yang tidak diperlukan lagi, pengurusan dan pemeliharaan
gedung dan penyusunan tata ruang kantor.
Widodo
(dalam Mustadjar, 2004 : 9) mengemukakan bahwa administrasi
perbekalan adalah aktifitas yang bersangkut paut dengan masalah penilitian,
penyediaan, penggunaan, penyimpanan, dan pemeliharaan barang-barang serta
benda-benda dalam suatu usaha kerjasama.
Pengertian di atas,terdapat beberapa rangkaiyan
kegiatan dalam adminitrasi perbekaln yaitu; pandangan,penyimpanan,penggunaan
serta pemeliharaanya, dan penyingkiranya apabilah tidak digunakan lagi.
Uraian diatas, dapat disimpulkan bahwa adminitrasi
perbekalan adalah suatu peroses atau rangkaian kegiatan perencanaan kebutuhan,
penyimpanan, penyaluran, pemeliharaan serta penghapusan materi/alat-alat yang
tidak bisa digunakan lagi.
Baca selengkapnya Pengertian Administrasi Logistik / Administrasi Perbekalan Menurut Para Ahli
disini
Terimakasih infonya, thanks for sharing..
ReplyDeleteKunjungi juga http://bit.ly/32hhY6n