Peristiwa PKI Madiun dan Cara Penanggulanngannya Oleh Pemerintah


Peristiwa PKI Madiun , Cara Penanggulanngannya Oleh Pemerintah


Peristiwa  PKI Madiun Merupakan Salah Satu Peristiwa Penting  Dalam Pergerakan Pemerintah Dalam  Merebut Kemerdekaan Indonesia Dan Berikut Ini Adalah Ulasannya

1.       Peristiwa PKI Madiun Yang Terjadi Pada Tanggal 18 September 1945

Pada Hasil Perundingan Renville Yang Diangggap Menguntungkan Bagi Pihak Belanda, Sebaliknya Negara Indonesia Sebagai Pihak Yang Dirugikan Dalam Hal Ini Yang Menjadikan Wilayah Indonesia Menjadi Sempit. Hal Ini Menyebabkan Cabinet Amir Syarifudin  Jatuh (23 Januari 1948)  Dan Digantikan Oleh Cabinet Hatta. Selanjudnya Amir Syarifudin Membentuk Fron Demokarasi Rakyat (FDR) Pada Tanggal 28 Juni 1948, Dan Cabinet Amir Syarifudin( FDR) Ini Sebagai  Oposisi Terhadap Pemerintahan Kabinet  Hatta.
Dan bada masa ini FDR bergabung dengan partai komunis Indonesia pimpinan Muso di madiun merencanakan perebutan kekuasaan pemerintahan dengan mengadakan pemogokan , penculikan , demostrasi dan membunuh lawan politiknya.
Dan puncak dari aksi PKI ini adalah pemberontakan terhadap RI pada tanggal 18 sepetember tahun 1948 dimadin dengan tujuam pemberontakan untuk meruntukan Negara RI Dan Mengganti Negara Indonesia Menjadi Negara Komunis.

2.       Operasi  Penumpasan PKI Di Madiun

Dalam Menumpasan Pemberontakan PKI Ini Pemerintah Menugaskan Colonel Gatot Subroto Di Daerah Jawa Tengah Dan Colonel Sungkono Di Jawa Timur Untuk Menjalan Operasi Militer. Dan Pada Akhirnya Pada Tanggal 30 September 1948 Daerah Madiun Dapat Diduduki Dan Dikuasai TNI Dan MUSO Berhasil Menembak Mati Amir Syarifudin Dan Tokoh Tokoh Lain Di Tangkap Dan Di Jatuhi Hukuman Mati.

3.       Pengaruh Pemberontakan PKI Dimadiun Terhadap Posisi Indonesia.
a.    Pemberontakan PKI Telah Melemahkan Kekuatan Pertahanan RI Yang Telah Menghadapi Agresi Militer Belanda 
b.  Amerika Serikat Ikut Membantu Ndonesia Karana Ri Bertindak Tegas Terhadap Pemberontakan PKI Saat Ini Amerika Serikat Khawatir Pengaruhi Soviet Akan Berkembang Di Indonesia.

0 Response to "Peristiwa PKI Madiun dan Cara Penanggulanngannya Oleh Pemerintah"

Post a Comment