Dampak Negative Teknologi Seperti Laptop/ Komputer terhadap kebiasaan dan kesehatan



Dampak Negative Teknologi Seperti  Laptop/ Komputer





Teknologi merupakan alat yang sekarang ini di gandrungi atau digemari semua orang, teknologi diciptakan untuk membantu dan mempermuda pekerjaan manusia  namun kenyataannya teknologi sekarng ini banyak berpangruh terhadap kebiasaan manusia. Teknologi selain memiliki dampak baik juga memiliki dampak  buruk seperti adanya Radiasi yang dihasilkan pada komputer/laptop yaitu Sinar-X, Sinar Ultraviolet, Gelombang Mikro, Radiasi elektromagnetik frekuensi rendah, Radiasi yang ditimbulkan oleh microchip dan hardisk, dan Teknologi nirkabel wifi atau wireles
Pengaruh Negatif Akibat Radiasi Komputer/Laptop Terhadap Kesehatan Manusia Antaralain  Sebagai Berikut:
A.  Pengaruh dalam jangka pendek merupakan dampak teknologi yang memiliki efek yang lebih cepat diderita ketika kita menggunakan teknologi seperti computer dan laptop.

1.      Mata Berair dan Lelah
Dalam jangka pendek, sinar radiasi dapat membuat mata menjadi lelah dan berair. Hal ini dikarenakan terlalu lama berada di depan layar monitor. Selain itu juga berpengaruh dalam produksi hormon melatonin, sehingga mengakibatkan berbagai macam keluhan, seperti pusing, sakit kepala, letih dan insomnia. 

2.      produktivitas hormon melatonin .
Akibat kerja mata yang berlebihan di depan komputer juga berpotensi mempengaruhi produktivitas hormon melatonin dalam tubuh.Produksi hormon melatonin berkurang oleh adanya rangsangan dari luar, misalnya cahaya serta medan elektromagnet. Cahaya maupun pajanan medan elektromagnet dengan intensitas tinggi dan dalam waktu yang lama dapat menurunkan produksi hormon melatonin dan berpotensi menimbulkan berbagai keluhan, termasuk sakit kepala, pusing, dan keletihan, serta insomnia.

3.      Asthenopia, yaitu pupil mata menjadi lambat bereaksi terhadap cahaya, karena terlalu lama terkena cahaya yang berlebihan (menurut laporan WHO dapat mencapai 75% – 90%).
h    
      kemalasan : dampak dari keberadaan teknologi ini membuat anak malas untuk belajar 

     perubahan budaya : dampak teknologi secara tidak langsung akan mempengaruhi /merubah tingkah laku masyarakat
     
     waktu bersama keluarga menjadi berkurang : dampak teknologi juga membengaruhi tingkat sosialisasi baik dalam lingkungan keluarga sekolah maupun di lingkungan masyarakat
 
a

B.  Pengaruh dalam jangka panjang merupakan dampak dari teknologi yang dampaknya dapat dirasakan dikemudian hari seperti:


1.      Katarak adalah gangguan penglihatan yang disebabkan adanya kekeruhan pada lensa mata. Katarak biasanya berkaitan dengan proses menua dan radiasi sinar ultraviolet.

2.      Medan elektromagnet menyebabkan  partikel-partikel yang melayang di udara menempel pada kulit, sehingga menimbulkan iritasi pada kulit. Karena yang berhadapan langsung pada layar monitor adalah bagian muka, mata. Muka lebih sering mengalami iritasi. Timbunan elektrostatik ini dapat  menyebabkan pipi merah sehabis memakai monitor.


3.      Epilepsi dan cacat bawaan pada bayi,  sampai saat ini belum ada bukti bahwa VDU dapat menimbulkannya.


4.      Gangguan seksual yang dimaksud adalah mengurangi tingkat kesuburan baik bagi pria maupun wanita.



5.      Dermatitis pada muka merupakan salah satu gangguan kesehatan yang terbukti diakibatkan oleh radiasi VDU secara langsung. Tjon dan Rycroft melakukan penelitian pengaruh radiasi VDU pada kulit muka. Hasil penelitian mereka mengatakan bahwa salah satu akibat dari radiasi adalah kemerahan pada kulit muka.


http://www.safetysign.co.id/news/106/Mewaspadai-Pengaruh-Negatif-Radiasi-Komputer-Laptop-terhadap-Mata-dan-Tubuh-Anda

0 Response to "Dampak Negative Teknologi Seperti Laptop/ Komputer terhadap kebiasaan dan kesehatan"

Post a Comment