pengaruh teknologi terhadap perubahan kebudayaan

Lukman khakim S.AP 

 pengaruh teknologi terhadap perubahan kebudayaan

teknologi diciptakan untuk mempermuda pekerjaan manusia , teknologi juga digunakan menghubungkan antara orang yang satu kepada teman yang lainnya. baik dalam kehidupan pribadi maupun kehidupan masyarakat. pengaruh teknologi terhadap kebudayaan sangat besar sekali salah satunya adalah

1. kebudayaan bersikap / perilaku
perkembangan teknologi sangat pesat sehingga berpengaruh besar terhadap sikap / perilaku seseorang dalam bertindak didalam kehidupan bermasyarakat. perubahan perilaku ini akan mempengaruhi kebiasaan seseorang dalam berperilaku, padahal perlu kita ketahui  bahwa kebiasaan yang sudah kita lakukan dari dulu adalah sebuah kebudayaan ,tetapi tidak semua kebiasaan merupakan kebudayaan , hanya saja kebudayaan ini adalah kegiatan yang dilakukan / berdampak/menekankan pada kegiatan atau hal- hal  yang baik bagi masyarakat itu sendiri yang dilakukan secara terus menerus. dan perkembangan teknologi sekarang sudah mengeser kebudayaan bersikap karena teknologi sering kali disalah artikan seperti digunakan untuk menghina orang , melecehkan bahkan membohongi orang lain . ini menyebabkan teknologi perpengaruh terhadap perilaku dan pembentukan sikap seseorang, dan orang yang hidup dizaman dulu dan sekarang memiliki banyak sekali berbedaan slah satunya adalah karena perkembangan teknologi. 

2. Hilangnya kebudayaan permainan
permainan yang seekarang kita lakukan jauh berbeda pada zaman sekarang , orang sekarang ini lebih memilih untuk memainkan alat alat yang mengunakan teknologi modern seperti games akibatnya banyak sekali permainan tradisional kita yang hilang , akibat tidak lagi orang memainkannya salah satunya adalah permainan , umbulan / enggrang/petak umpet /preh preah, umbet lidih di dalam tanah dan lain lain . permainan ini sekarang sudah jarang lagi dipermainkan , akibatnya orang banyak yang tidak tau lagi orang sekarang lebih memilih bermain genget, hp dan games yang modern sehingga permainan tradional pun mulai tersingkir akibat perubahan kebudaayan akibat teknologi.

3. kebudayaan komunikasi
sekarang orang lebih banyak menggunakan teknologi akibatnya ketika bertemu dengan sahabat/ teman. mereka lebih sibuk untuk memainkan hpnya dibandingkan dengan bicara dengan temannya. ini menyebabkan kebudaayaa komunikasi, koordinasi dan sosialisasi menjadi sulit akibat banayk orang yang mementingkan teknologi dibandingkan sahabat/ keluarga sendiri.


0 Response to "pengaruh teknologi terhadap perubahan kebudayaan"

Post a Comment