Faktor-Faktor Yang Mempegaruhi Demografi Penduduk



Faktor-Faktor Yang Mempegaruhi Demografi Penduduk

            Demografi adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang karakter sampai struktur Penduduk. Demografi penduduk dapat diukur melalui beberapa factor diantaranya
1)      EKONOMI
Dalam demografi factor ekonomi dapat diukur melalui beberapa cara diantaranya:

a)      Kesejahteraan :

Dalam hal ini menurut organisasi dunia, orang dikatakan mampu apabila memiliki pedapatan 3 dollar perharinya atau kalau dirupiahkan sekitar 36.000 rupiah, namun kenyataannya diindonesia masih banyak masyarakatnya memiliki kita hidup dibawa garis kemiskinan dimana pendapatan mereka kurang dari 3 dollar perharinya.

b)      Mata pencaharian
Kegiatan yang dilakukan masyarakat diindonesia dalam mencari mata pencahariannya untuk memenuhi kehidupan sehari-harinya berbeda-beda ini disebabkan karena faktor-faktor berikut antara lain

v  Letak geografisnya   orang yang tinggal di daerah pesisir pantai biasanya mata pencaharian mereka adalah nelayan atau petani garam rumput laut . sedangkan orang yang tinggal didaerah dataran rendah adalah petani, perkebunan,perternakan, atau pedagang dan untuk dataran tinggi atau daerah pergunungan mata pencaharian mereka biasanya lebih kearah seperti perkebunan,pertanian dll.

v  Tingkat pendidikan masyarakat yang tinggi biasanya memiliki mata pencaharian baik dibidang bisnis, perkantoran, pemerintahan maupun PNS.



2)      KESEJAHTERAAN
Kesejahteraan merupakan kegiatan penghimpun data menurut kondisi seseorang,  seseorang dapat dikatakan sejahtera apabila apabila terpenuhi sadang, papan dan pangan .sejahteraan ini bisa diukur dari , kondisi kemiskinan,  sejahteranya, kondisi tempat tinggalnya , makanan , dll.

3)      TINGKAT PENDIDIKAN
Tingkat pendidikan merupakan kegiatan pencapaian pempelajaran dalam mencari pengetahuan yang setinggi-tingginya atau sebanyak-banyaknya. Dalam demografi penduduk tingkat pendidikan masyarakat dapat diukur dari
1.      Seseorang Yang Tidak Sekolah
2.      Tamatan SD
3.      Tamatan SMP
4.      Tamatan SMA
5.      Tamatan S1/  Dan Sebagainya
yang dapat menjadi tolak ukur demografi di dalam faktor tingkat pendidikan.

4)      SOSIAL POLITIK
Dalam demografi kondisi social politik dimasyarakat dapat menjadi bahan kajian ilmu geografi karena disetiap wilayah pasti memiliki kondisi social politik yang berbeda-beda  . Menghimpun Tentang :
·          Kondisi Politik
       Disuatu wilayah dimana politik disuatu daerah  berbeda.
·          Konflik
·          Budaya
·          Agama/kepercayaan
Agama merupakan  kepercayaan yang dianut oleh masyarakat , dan dalam demografi social agama bisa menjadi salah satu faktor untuk  menentukan jumlah orang dalam suatu wilayah yang memiliki berbagai kepercayaan dimasyarakat seperti orang yang beragama islam , Kristen , hindhu , budha, nasrani, konhuchu , dan orang yang tidak memiliki agama  pun bisa menjadi bahan penelitian dalam demografi.

0 Response to "Faktor-Faktor Yang Mempegaruhi Demografi Penduduk"

Post a Comment