PENGERTIAN MSDM ,TUJUAN ,FUNGSI DAN FUNGSI DAN TUGAS UTAMA MANAJEMEN KEPEGAWAIAN




PENGERTIAN MSDM ,TUJUAN ,FUNGSI  DAN FUNGSI DAN TUGAS UTAMA MANAJEMEN KEPEGAWAIAN


A.    PENGERTIAN SDM
SDM adalah manusia yang bekerja di lingkungan suatu organisasi ( disebut juga personil, tenaga kerja, pekerja atau karyawan )

Manejemen Sumber Daya Manusia (MSDM)adalah proses mendayagunakan manusia sebagai tenaga kerja secara manusiawi, agar potensi fisik dan psikis yang dimilikinya berfungsi maksimal bagi pencapaian tujuan organisasi (perusahaan) à menurut Hadari Nawawi (2000 : 42)

Manajemen sumber daya manusia adalah suatu proses menangani berbagai masalah pada ruang lingkup karyawan, pegawai, buruh, manajer dan tenaga kerja lainnya untuk dapat menunjang aktifitas organisasi atau perusahaan demi mencapai tujuan yang telah ditentukan.
Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) adalah pemafaatan para individu untuk mencapai tujuan-tujuan organisasi

Tujuan manajemen sumber daya manusia adalah meningkatkan kontribusi produktif para karyawan bagi organisasi secara stratejik, etis, dan bertanggung jawab social
Fungsi msdm
1)      Penyediaan Staf (Staffing)
2)      Pengembangan Sumber Daya Manusia (Human Resource Development/HRD)
3)      Kompensasi
4)      Keselamatan dan Kesehatan
5)      Hubungan Kekaryawanan dan Perburuhan
Teori Motivasi Kepuasan.Teori yang didasarkan pada kebutuhan insan dan kepuasannya. Maka dapat dicari faktor-faktor pendorong dan penghambatnya. Pada teori kepuasan ini didukung juga oleh para pakar seperti Taylor yang mana teorinya dikenal sebagai Teori Motivasi Klasik. Teori secara garis besar berbicara bahwa motivasi kerja hanya dapat memenuhi kebutuhan dan kepuasan kerja baik secara biologis maupun psikologis. Yaitu bagaimana mempertahankan hidupnya.

Teori Motivasi Proses.
Teori ini berusaha agar setiap pekerja giat sesuai dengan harapan organisasi perusahaan. Daya penggeraknya adalah harapan akan diperoleh si pekerja.
Dalam hal ini teori motivasi proses yang dikenal seperti :
  • Teori Harapan (Expectancy Theory), komponennya adalah: Harapan, Nilai (Value), dan Pertautan (Instrumentality).
  • Teori Keadilan (Equity Theory), hal ini didasarkan tindakan keadilan diseluruh lapisan serta obyektif di dalam lingkungan perusahaannya.
  • Teori Pengukuhan (Reinfocement Theory), hal ini didasarkan pada hubungan sebab-akibat dari pelaku dengan pemberian kompensasi.
Teori pengukuan
Teori ini didasarkan atas hubungan sebab dan akibat dari perilaku dengan pemberian konpensasi. Misalnya promosi seorang karyawan itu tergantung dari prestasi yang selalu dapat dipertahankan. Sifat ketergantungan tersebut bertautan dengan hubungan antara perilaku dan kejadian yang mengikuti perilaku tersebut. Teori pengukuhan ini terdiri dari dua jenis, yaitu :
1. Pengukuhan Positif (Positive Reinforcement), yaitu bertambahnya frekuensi perilaku, terjadi jika pengukuh positif diterapkan secara bersyarat.
2. Pengukuhan Negatif (Negative Reinforcement), yaitu bertambahnya frekuensi perilaku, terjadi jika pengukuhan negatif dihilangkan secara bersyarat.

FUNGSI DAN TUGAS UTAMA MANAJEMEN KEPEGAWAIAN

Fungsi 
Tugas-tugas
Procurement
Mengiklankan, merekrut dan menyeleksi karyawan
Allocation
Membagi & menentukan pegawai, memberikan kompensasi, promosi, transfer dan pemisahan peran
Development
Melatih, menilai dan memotivasi
Sanction
Disiplin, negoisasi dan berdiskusi dengan karyawan dan hubungan2 karyawan, mendengarkan keluhan dan mempertimbangkan prosedur
Control dan Adaptation
Mendesain sistem, menetapkan peranan, menjaga informasi dan system forecasting yang relevan dengan empat fungsi diatas


0 Response to "PENGERTIAN MSDM ,TUJUAN ,FUNGSI DAN FUNGSI DAN TUGAS UTAMA MANAJEMEN KEPEGAWAIAN"

Post a Comment