Bentuk-Bentuk Organisasi



Bentuk-Bentuk Organisasi


Bentuk-bentuk organisasi terbagi kedalam banyak bentuk tergantung dari sisi mana meninjau organisasi itu. Bentuk bentuk organisasi antara lain :
1.    Ditinjau dari jumlah pucuk pimpinan
a.       Bentuk organisasi tunggal
Yaitu organisasi yang pucuk pimpinannya ada di tangan seorang. Sebutan jabatan untuk bentuk tunggal antara lain :presiden, direktur, kepala, ketua, dsb.
b.      Bentuk organisasi jamak
Yaitu organisasi yang pucuk pimpinannya ada di tangan beberapa orang atau kesatuan. Sebutan jabatan untuk bentuk jamak antara lain : presidium, majlis, direksi, direktorium, dewan, dsb.
2.      Ditinjau dari saluran wewenang

a.       Bentuk organisasi jalur Yaitu organisasi yang wewenang pucuk pimpinannya dilimpahkan kepada satuan-satuan organisasi dibawahnya dalam semua bidang pekerjaan, baik pekerjaan pokok ataupun pekerjaan bantuan.

b.       Bentuk organisasi fungsional Yaitu organisasi yang wewenang dari pucuk pimpinan dilimpahkan kepada satuan-satuan organisasi dibawahnya dalam bidang pekerjaan tertentu. Pimpinan tiap bidang berhak memerintahkan kepada semua pelaksana yang ada sepanjang menyangkut bidang kerjanya.

c.        Bentuk organisasi jalur dan staff  Yaitu organisasi yang wewenang dari pucuk pimpinan dilimpahkan kepada satuan-satuan organisasi dibawahnya dalam semua bidang pekerjaan baik pekerjaan pokok maupun pekerjaan bantuan. Dan dibawah pucuk pimpinan diangkat pejabat yang tidak memiliki wewenang komando yang hanya bertugas memberi nasihat tentang keahlian tertentu kepada pucuk pimpinan.


d.       Bentuk organisasi fungsional dan staff  :  Organisasi yang wewenang dari pucuk pimpinan dilimpahkan kepada satuan-satuan organisasi dibawahnya dalam bidang pekerjaan tertentu. Pimpinan dalam tiap bidang kerja dapat memerintah semua pelaksana yang ada sepanjang menyangkut bidang kerjanya. Dan dibawah pucuk pimpinan diangkat pejabat yang tidak memiliki wewenang komando tetapi hanya memberi nasihat tentang keahlian tertentu kepada pucuk pimpinan.

e.        Bentuk fungsional dan jalur Yaitu organisasi yang wewenang dari pucuk pimpinan dilimpahkan kepada satuan-satuan organisasi dibawahnya dalam bidang pekerjaan tertentu. Pimpinan tiap bidang kerja berhak memerintah kepada semua pelaksana yang ada sepanjang menyangkut bidang kerjanya. Dan tiap-tiap satuan pelaksana kebawah memiliki wewenang dalam semua bidang kerja.

f.        Bentuk organisasi jalur, fungsional, staff Yaitu organisasi yang wewenang dari pucuk pimpinan dilimpahkan kepada satuan-satuan organisasi dibawahnya dalam bidang pekerjaan tertentu. Pimpinan tiap bidang berhak memerintahkan kepada semua pelaksana yang ada sepanjang menyangkut bidang kerjanya. Dan tiap-tiap pelaksana ke bawah memiliki wewenang dalam semua bidang kerja. Dan di bawah pucuk pimpinan diangkat pejabat yang tidak memiliki kewenangan komando tetapi hanya memberi nasihat tentang bidang keahlian tertentu kepada pucuk pimpinan.
Selain bentuk-bentuk organisasi diatas, ada juga yang membagi bentuk organisasi sebagai berikut :
1. Organisasi garis
Merupakan organisasi tertua dan paling sedehana. Bentuk organisasi diciptakan oleh Henry Fayol. Biasa disebut organisasi militer dimana ciri-cirinya adalah bentuknya masih kecil, jumlah karyawannya sedikit dan saling mengenal serta spesialisasi kerja belum tinggi.

Keuntungan organisasi garis sebagai berikut :
a)      Kesatuan komando terjamin baik karena pimpinan berada pada satu tangan.
b)      Proses pengambilan keputusan berlangsung cepat, karena pihak yang ikut berkonsultasi masih sedikit.
c)      Rasa solidaritas antar karyawan tinggi karena saling mengenal.

Keburukan organisasi garis adalah, sebagai berikut:
a. Seluruh organisasi tergantung pada pemimpin.
b. Pemimpin cenderung otokratis.
c. Kesempatan karyawan untuk berkembang terbatas.

2. Organisasi garis dan staff
Dianut oleh organisasi besar, daerah kerjanya luas dan mempunyai bidang tugas yang beraneka ragam serta rumit dan jumlah karyawannya banyak. Staff yaitu orang yang memiliki keahlian dalam bidang tertentu, tugasnya memberi nasihat dan saran kepada pimpinan. Bentuk ini diciptakan oleh Harrington Emerson.

Kelebihan organisasi garis dan staff
a)      Dapat digunakan pada setiap organisasi yang besar, apapun tujuannya, luas organisasinya, dan kompleksitas susunan organisasinya.
b)      Pengambilan keputusan lebih mudah karena dukungan dari staff ahli.

Kekurangan organisasi garis dan staff
a.       Dapat tidak terjadinya saling mengenal antar karyawan sehingga solidaritas sangat sulit dibangun.
b.      Karena susunan organisasinya yang begitu komplek, akan terjadi kesulitan dalam koordinasi antar divisi atau departemen.

3. Organisasi fungsional
Pada organisasi ini dimana sebagian atau segelintir pemimpin tidak memiliki bawahan yang jelas karena setiap pemimpin berwenang memberikan komando kepada bawahannya. Bentuk ini juga dikembangkan oleh Henry Fayol.

Kelebihan organisasi fungsional antara lain :
a. Pembidangan tugas-tugas jelas.
b. Spesialisasi karyawan dapat dikembangkan dan digunakan semaksimal mungkin.
c. Digunakan tenaga ahli dalam berbagai bidang sesuai dengan fungsinya.

Kelemahan organisasi fungsional antara lain :
a.       Karyawan lebih mementingkan bidangnya sehingga koordinasi akan lebih sulit.

4. Organisasi panitia
Organisasi yang dibentuk hanya sementara waktu saja. Setelah tugas selesai maka organisasi pun dibubarkan.
5. Organisasi lini dan staff
Staff tugasnya memberi layanan dan nasihat kepada manejer dalam melaksanakan suatu kegiatan. Tugas yang dilakukan merupakan tugas pokok dari suatu organisasi atau perusahaan.

0 Response to "Bentuk-Bentuk Organisasi "

Post a Comment