Pengertian Hardware Dan Software



Pengertian Hardware Dan Software


software-komputer.jpg



Pengertian Hardware 

Hardware/Perangkat keras adalah sebuah alat/benda yang kita bisa lihat, sentuh, pegang dan memiliki fungsi tertentu. Secara fisik ada wujudnya. Ada bentuknya.atau Perangkat Keras adalah komponen pada komputer yang dapat terlihat dan disentuh secara fisik. Jadi, rupa secara fisik dari komputer dapat kita sebut sebagai Hardware atau Perangkat Keras. Hardware yang dalam Bahasa Indonesianya "Perangkat Keras" adalah salah satu komponen dari sebuah komputer yang sifat alat nya bisa dilihat dan diraba secara langsung atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi.

Perangkat Hardware terdiri atas 3 jenis, yaitu:
1.      Perangkat Input/Masukan: Merupakan Hardware yang digunakan untuk memasukkan (Input) instruksi dari pengguna komputer (User). Contohnya adalah Keyboard, Mouse, scanner, dan Joystick.
2.      Perangkat Pemrosesan: Merupakan Hardware yang terdapat pada sebuah komputer untuk memproses masukkan/input dari pengguna. Contohnya adalah CPU, ALU.
3.      Perangkat Output/Keluaran: Merupakan Hardware yang digunakan untuk menghasilkan suatu proses (output) dari pengguna komputer (User). Contohnya adalah Monitor, Speaker, dan Printer.

contohnya cpu, Harddisk, VGA, RAM, Processor ,print, monitor, mouse, Keyboard, Compact Disk (CD), CD ROM, Floppy Disk, Scanner,

Software
     Software atau parangkat lunak adalah ata-data yang terdapat pada sebuah komputer yang doformat kemudian disimpan secara digital. Bisa dibilang bahwa Software merupakan komponen yang tidak terlihat secara fisik, tetapi terdapat dalam sebuah komputer.  Software atau parangkat lunak adalah  program komputer yang merupakan suatuinstruksi yang harus diberikan kepada unit pengolah agar komputer dapatmenjalankan pekerjaan sesuai dengan yang dikehendaki.

Contohnya Software
Software pengolah kata Microsoft Word,Wordstar,WordPerfect,OpenOffice Writer
Software pengolah lembar kerja.,Microsoft Excel,Lotus 123,OpenOffice Calc,Quattro Pro Software presentasi 1.Microsoft PowerPoint Presentation, Impress .Macromedia Flash Software pengolah database Microsoft Access , Base,SQL Server
Software Internet Browser. Internet Explorer,Mozilla Firefox,Opera, Safari, Google Chrome, Netscape Navigator Software desain grafis,Adobe Photoshop,Corel Draw, ACDSee,Paint, Photopaint
Software antivirus, Norton Internet Security,AVG Free,Kaspersky,PCMAV,Norton 360,Nod32,Norton AntiVirus,Avira, McAfee




0 Response to "Pengertian Hardware Dan Software"

Post a Comment