Unsur-unsur
Organisasi
Unsur dasar yang membentuk organisasi diantaranya :
1.
Anggota Organisasi
Anggota organisasi adalah
orang-orang yang melakukan pekerjaan organisasi , membentuk organiasi serta
terlibat dalam kegiatan organisasi. Dalam kegiatan sehari-hari disebut pegawai
atau personil yang menurut fungsi dan tindakannya terdiri dari unsur pimpinan
sebagai unsur tertinggi dalam organisasi.
2.
Kerjasama
Kerjasama merupakan suatu perbuatan
bantu-membantu dan dilakukan secara bersama-sama untuk mencapai tujuan bersama.
Oleh karena itu, semua anggota yang menurut tingkatannya dibedakan menjadi
administrator, manejer, dan pekerja.
3.
Tujuan bersama
Tujuan merupakan sasaran yang dicapai.
Tujuan menggambarkan apa yang nanti akan dicapai yang merupakan titik akhir apa
yang harus dilakukan. Tujuan juga menggambarkan tentang apa yang harus dicapai
melalui prosedur , program, kebijakan, strategi, dan peraturan-peraturan yang
telah di tetapkan. Dalam tujuan organisasi biasanya terdapat visi dam misi yang
dirumuskan oleh para anggota organisasi.
Visi adalah pandangan atau citra para anggota
mengenai keadaan organisasinya dimasa depan dan tujuan apa yang mau dicapai.
Misi adalah tugas dasar yang harus diemban oleh organisasi dan tugas atau
fungsi yang dibagikan kepada para anggota untuk dilaksanakan.
4.
Peralatan
Salah satu unsur pembentuk organisasi
adalah peralatan yang terdiri dari sarana materi seperti kendaraan,
mesinmesin,uang, gedung kantor, dsb.
5.
Lingkungan
Faktor lingkungan misalnya keadaan social budaya, ekonomi dan
teknologi. Yang termasuk unsur lingkungan antara lain
:
a. Kondisi atau situasi yang secara langsung maupun secara tidak
langsung yang berpengaruh terhadap kegiatan atau gerak organisasi, karena
kondisi atau situasi akan selalu berubah.
b. Tempat atau lokasi sangat erat hubungannya dengan masalah
komunikasi dan transportasi yang harus dilakukan oleh organisasi.
c. Wilayah organisasi yang dijadikan sasaran kegiatan organisasi.
Wilayah organisasi di bedakan menjadi :
1. Wilayah kegiatan
Yang menyangkut kegiatan apa
saja yang boleh dilakukan untuk mencapai tujuan organisasi.
2. Wilayah jangkauan
Wilayah yang menyangkut
operasi organisasi.
3. Wilayah personil
Menyangkut semua pihak
(orang-oraang atau badan-badan) yang mempunyai hubungan atau kepentingan dengan
organisasi.
4. Wilayah kewenangan atau
kekuasaan
Menyangkut semua urusan,
persoalan, kewajiban, tugas, tanggung jawab, dan kewajiban, dan kebijaksanaan
yang harus dilaksanakan dalam batas-batas tertentu yang tidak boleh dilampaui
sesuai dengan peraturan perundang-undangan
yang berlaku.
6.
Kekayaan alam
Yang termasuk kekayaan alam ini misalnya
keadaan iklim, udara, air, cuaca, flora dan fauna.
7.
Pekerjaan dalam organisasi
Pekerjaan ini berupa tugas-tugas formal
dan tugas-tugas informal.
8.
Praktik-praktik pengelolaan
Tujuan primer pegawai manejerial adalah
menyelesaikan pekerjaan melalui usaha orang lainnya. Manejer membuat keputusan
mengenai bagaimana orang-orang lainya, (biasanya para bawahan) untuk
menggunakan sumber yang diperlukan untuk melaksanakan pekerjaan mereka.
Sebagaian manejer membawahi para pekerja yang beroperasi dan sebagaian lainnya
membawahi manejer-manejer lainnya.
9.
Struktur
Organisasi
Merujuk kepada hubungan-hubungan kepada
tugas yang dilaksanakan oleh anggota-anggota organisasi . Struktur organisasi
adalah susunan komponen-komponen dalam organisasi. Struktur organisasi
menunjukkan pembagian kerja dan menunjukkan bagaimana fungsi-fungsi atau
kegiatan-kegiatan yang berbeda-beda itu diintegrasikan. Selain itu struktur
organisasi juga menunjukkan spesialisasi-spesialisasi pekerjaan, saluran
perintah dan penyampaian laporan.
10.
Pedoman organisasi
Pedoman organisasi adalah serangkaian pernyataan yang
mempengaruhi, mengendalikan dan memberi arahan bagi anggota organisasi dalam
mengambil keputusan dan tindakanan. Pedoman organisasi terdiri atas
pernyataanpernyataan seperti cita-cita, misi, tujuan, strategi, kebijakan,
prosedur, dan aturan.
0 Response to "Unsur-unsur Organisasi"
Post a Comment