Unsur-unsur Organisasi



Unsur-unsur Organisasi

Unsur dasar yang membentuk organisasi diantaranya :

1.      Anggota Organisasi
Anggota organisasi adalah orang-orang yang melakukan pekerjaan organisasi , membentuk organiasi serta terlibat dalam kegiatan organisasi. Dalam kegiatan sehari-hari disebut pegawai atau personil yang menurut fungsi dan tindakannya terdiri dari unsur pimpinan sebagai unsur tertinggi dalam organisasi.

2.      Kerjasama
Kerjasama merupakan suatu perbuatan bantu-membantu dan dilakukan secara bersama-sama untuk mencapai tujuan bersama. Oleh karena itu, semua anggota yang menurut tingkatannya dibedakan menjadi administrator, manejer, dan pekerja.

3.       Tujuan bersama
Tujuan merupakan sasaran yang dicapai. Tujuan menggambarkan apa yang nanti akan dicapai yang merupakan titik akhir apa yang harus dilakukan. Tujuan juga menggambarkan tentang apa yang harus dicapai melalui prosedur , program, kebijakan, strategi, dan peraturan-peraturan yang telah di tetapkan. Dalam tujuan organisasi biasanya terdapat visi dam misi yang dirumuskan oleh para anggota organisasi.
 Visi adalah pandangan atau citra para anggota mengenai keadaan organisasinya dimasa depan dan tujuan apa yang mau dicapai. Misi adalah tugas dasar yang harus diemban oleh organisasi dan tugas atau fungsi yang dibagikan kepada para anggota untuk dilaksanakan.

4.       Peralatan
Salah satu unsur pembentuk organisasi adalah peralatan yang terdiri dari sarana materi seperti kendaraan, mesinmesin,uang, gedung kantor, dsb.

5.       Lingkungan
Faktor lingkungan misalnya keadaan social budaya, ekonomi dan teknologi. Yang termasuk unsur lingkungan antara lain
:
a.       Kondisi atau situasi yang secara langsung maupun secara tidak langsung yang berpengaruh terhadap kegiatan atau gerak organisasi, karena kondisi atau situasi akan selalu berubah.
b.      Tempat atau lokasi sangat erat hubungannya dengan masalah komunikasi dan transportasi yang harus dilakukan oleh organisasi.
c.       Wilayah organisasi yang dijadikan sasaran kegiatan organisasi. Wilayah organisasi di bedakan menjadi :
1. Wilayah kegiatan
Yang menyangkut kegiatan apa saja yang boleh dilakukan untuk mencapai tujuan organisasi.
2. Wilayah jangkauan
Wilayah yang menyangkut operasi organisasi.
3. Wilayah personil
Menyangkut semua pihak (orang-oraang atau badan-badan) yang mempunyai hubungan atau kepentingan dengan
organisasi.
4. Wilayah kewenangan atau kekuasaan
Menyangkut semua urusan, persoalan, kewajiban, tugas, tanggung jawab, dan kewajiban, dan kebijaksanaan yang harus dilaksanakan dalam batas-batas tertentu yang tidak boleh dilampaui sesuai dengan peraturan perundang-undangan
yang berlaku.

6.      Kekayaan alam
Yang termasuk kekayaan alam ini misalnya keadaan iklim, udara, air, cuaca, flora dan fauna.
7.      Pekerjaan dalam organisasi
Pekerjaan ini berupa tugas-tugas formal dan tugas-tugas informal.

8.      Praktik-praktik pengelolaan
Tujuan primer pegawai manejerial adalah menyelesaikan pekerjaan melalui usaha orang lainnya. Manejer membuat keputusan mengenai bagaimana orang-orang lainya, (biasanya para bawahan) untuk menggunakan sumber yang diperlukan untuk melaksanakan pekerjaan mereka. Sebagaian manejer membawahi para pekerja yang beroperasi dan sebagaian lainnya membawahi manejer-manejer lainnya.

9.       Struktur Organisasi
Merujuk kepada hubungan-hubungan kepada tugas yang dilaksanakan oleh anggota-anggota organisasi . Struktur organisasi adalah susunan komponen-komponen dalam organisasi. Struktur organisasi menunjukkan pembagian kerja dan menunjukkan bagaimana fungsi-fungsi atau kegiatan-kegiatan yang berbeda-beda itu diintegrasikan. Selain itu struktur organisasi juga menunjukkan spesialisasi-spesialisasi pekerjaan, saluran perintah dan penyampaian laporan.


10.   Pedoman organisasi
Pedoman organisasi adalah serangkaian pernyataan yang mempengaruhi, mengendalikan dan memberi arahan bagi anggota organisasi dalam mengambil keputusan dan tindakanan. Pedoman organisasi terdiri atas pernyataanpernyataan seperti cita-cita, misi, tujuan, strategi, kebijakan, prosedur, dan aturan.

0 Response to "Unsur-unsur Organisasi"

Post a Comment