PENGERTIAN DAN RUANG LINGKUP ANTROPOLOGI



PENGERTIAN DAN RUANG LINGKUP ANTROPOLOGI

Istilah antropologi berasal dari bahasa Yunani, asal kata anthropos berarti manusia,dam logos berarti ilmu. Dengan demikian secara harfiah anthropologi berarti ilmu tentangmanusia. Secara umum anthropologi merupakan ilmu yang berusaha mencapai pengertianatau pemahaman tentang manusia dengan mempelajari aneka warna bentuk fisik,masyarakat, dan kebudayaannya.Secara khusus, ilmu anthropologi terbagi ke dalam lima sub ilmu yangmempelajari :
  1. Masalah asal dan perkembangan manusia atau evolusinya secara biologis
  2. Masalah terjadinya aneka ragam ciri fisik manusia
  3. Masalah terjadinya perkembangan dan persebaran aneka ragam kebudayaanmanusia
  4. Masalah asal perkembangan dan persebaran aneka ragam bahasa yang diucapkan diseluruh dunia
  5. Masalah mengenai asas-asas dari masyarakat dan kebudayaan manusia dari anekaragam suku bangsa yang tersebar di seluruh dunia masa kini.
Koentjaraningrat (1981:224) membuat bagan pembagian dalam ilmu antropoloisebagai berikut :
Antropologi dibagi 2 yaitu :
I.                   Antropologi fisik
Antrologi fisik dibagi menjadi
a.       Paleontropologi
b.      Antropologi biologis
II.                Antropolgi budaya
Antropologi budaya dibagi menjadi
a.       Antropologi prehistori
b.      Etnolinguistik
c.       Etnologi
III.             Etnologi dibagi menjadi
1.       Etnologi secara khusus
2.       Antropologi social

  1. Antropologi fisik
Antropologi fisik mempelajari manusia sebagai organisme biologis yang melacak perkembangan manusia menurut evolusinya dan menyelidiki variasi biologisnya dalamberbagai jenis (spesies). Contoh : Para antropolog umumnya memiliki anggapan bahwanenek moyang manusia adalah sejenis kera dan monyet, karena memiliki kemiripan-kemiripan tertentu.
  • Paleoantropologi
Merupakan ilmu tentang asal-usul atau soal terjadinya evolusi makhluk hidupmanusia dengan mempergunakan bahan penelitian melalui sisa-sisa tubuh yang telahmembatu, atau fosil-fosil manusia dari zaman ke zaman yang tersimpan dalam lapisanbumi dan didapat dengan berbagai penggalian.b.
  • Antropologi Biologis
Merupakan bagian ilmu antropolgi yang mempelajari suatu pengertian tentengsejarah terjadinya aneka warna makhluk manusia jika dipandang dari sudut ciri-ciri tubuhnya, baik lahir (fenotipik), seperti warna kulit, warna dan bentuk rambut, indekstengkorak, bentuk muka, warna mata, bentuk hidung, tinggi badan dan bentuk tubuhmaupun sifat bagian dalam (genotipik), seperti golongan darah dan sebagainya.Manusia dimuka bumi ini terdapat beberapa golongan berdasarkan persamaanmengenai beberapa ciri tubuh.  Pengelompokkan seperti itu dalam ilmu antropologi disebut ras

2. Antropologi Budaya

Antropologi udaya memfokuskan perhatiannya pada kebudayaan manusiaataupun cara hidupnya dalam masyarakat.
Menurut Haviland (1999:12) cabang antropologi budaya ini dibagi-bagi lagi menjadi tiga bagian, yakni antropologi prehistori, etnolinguistik, dan etnologi. Untuk memahami pekerjaan para ahli antropologi budaya, kita harus tahu tentang  hakikat kebudayaan, menyangkut konsepkebudayaan, dan karakteristiknya; bahasa dan komunikasi, menyangkut hakikatbahasa dan bahasa dalam kerangka kebudayaan; serta kebudayaan dan kepribadian.
Antropologi budaya juga merupakan studi tentang praktik-praktiksocial,bbentuk-bentuk ekspresif, dan penggunaan bahasa, dimana makna diciptakandan diuji sebelum digunakan oleh masyarakat manusia (Burke, 2000:193)
  •  Antropologi prehistori
Merupakan ilmu tentang perkembangan dan penyebaran semua kebudayaanmanusia sejak sebelum manusia mengenal tulisan atau huruf. Dalam ilmu sejarah,seluruh waktu dari perkembangan kebudayaan umat manusia mulai saat terjadinyammakhluk manusia, yaitu kira-kira 800.000 tahun yang lalu hingga sekarang, dibagimenjadi dua bagian yakni masa sebelum mengenal tulisan atau huruf, dan masasetelah manusia mengenal tulisan atau huruf. Subilmu prehistori ini sering disebutilmu arkeologi. Di sini ilmu arkeologi sebenarnya adalah sejarah kebudayaan darizaman prehistori
  •        Etnolinguistik atau Antropologi Linguistik
      Suatu ilmu yang berkaitan dengan ilmu antropologi dengan berbagai metodeanalisis kebudayaan yang berupa daftar kata-kata, pelukisan tentang ciri dan tatabahasa dari beratus-ratus bahasa suku bangsa yang tersebar di berbagai tempat dimuka bumi ini. Dari bahan ini telah berkembang ke berbagai macam metode analisiskebudayaan, serta berbagai metode untuk menganalisis dan mencatat bahasa-bahasayang tidak mengenal tulisan. Semua bahan dan metode tersebut sekarang telahterolah, juga ilmu linguistic umum. Walaupun demikian, ilmu etnolinguistik diberbagai pusat ilmiah di dunia masih tetap berkaitan erat dengan ilmu antropologi,bahkan merupakan bagian dari ilmu antropologi.
  •        Etnologi
      Merupakan bagian ilmu antropologi tentang asas-asas manusia, mempelajari kebudayaan-kebudayaan dalam kehidupan masyarakat dari bangsa-bangsa tertentuyang tersebar di muka bumi pada masa sekarang.



Thanks For:
ILMU SOSIAL DASAR DALAM BIDANG ANTROPOLOGI.htm

0 Response to "PENGERTIAN DAN RUANG LINGKUP ANTROPOLOGI"

Post a Comment