Visi Misi Jokowi – Jusuf Kalla Dan Prabowo – Hatta Masih Normatif



           

Artike POLITIK  /Jakarta, PEMILU.com
Visi Misi Jokowi – Jusuf Kalla Dan Prabowo – Hatta
 Masih Normatif

            Pengamat komunikasi politik dari Universitas Paramadina, Hendri Satrio mengatakan, pasangan capres cawapres Joko Widodo -Jusuf Kalla (JK) lebih detail menjelaskan visi misi nya, tapi Prabowo-Hatta menjelaskan lebih komprehensif. “Keduanya memiliki visi-misi kuat hanya saja kelebihan Prabowo-Hatta menjelaskan lebih komprehensif,” katanya saat dihubungi Pemilu.com, di Jakarta, Jumat (23/5).
            Sayangnya visi misi kedua pasangan capres cawapres tersebut, kata Hendri, masih bersifat normatif dan tidak ada yang out of the box,  “Sementara, kekuatan Jokowi-JK melakukan pilihan program yang populis dan memasyarakat,” pungkasnya.
            Pasangan Prabowo-Hatta mempunyai visi:
 “Membangun Indonesia yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur serta bermartabat.”
            Sedangkan misinya adalah sebagai berikut:
1.      Mewujudkan Indonesia yang berdaulat, aman dan damai, bermartabat, demokratis, berperan aktif dalam perdamaian dunia, serta konsisten melaksanakan Pancasila dan UUD 45.
2.      Mewujudkan Indonesia yang adil, makmur, berkerakyatan, dan percaya diri menghadapi globalisasi.
3.      Mewujudkan Indonesia yang berkeadilan sosial, dengan sumber daya manusia yang berakhlak berbudaya luhur; berkualitas tinggi: sehat, cerdas, kreatif dan trampil.
            Sedangkan, pasangan Jokowi – Jk mempunyai visi:
“Terwujudnya Indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian berlandaskan gotong-royong.”
            Untuk mewujudkan visi tersebut, akan ditempuh melalui misi sebagai berikut:
1.      Mewujudkan keamanan nasional yang mampu menjaga kedaulatan wilayah, menopang kemandirian ekonomi dengan mengamankan sumberdaya maritim, dan mencerminkan kepribadian Indonesia sebagai negara kepulauan.
2.      Mewujudkan masyarakat maju, berkeseimbangan dan demokratis berlandaskan Negara hukum.
3.      Mewujudkan politik luar negeri bebas-aktif dan memperkuat jati diri sebagai negara maritim.
4.      Mewujudkan kualitas hidup manusia Indonesia yang tinggi, maju dan sejahtera.
5.      Mewujudkan bangsa yang berdaya-saing.
6.      Mewujudkan Indonesia menjadi negara maritim yang mandiri, maju, kuat, dan berbasiskan kepentingan nasional
7.      Mewujudkan masyarakat yang berkepribadian dalam kebudayaan.

  Analisa :
1.      Manfaat artikel politik ini  untuk Negara   ?
Jawab:
a.       Memberikan gambaran kepada Negara bahwa bangsa Indonesia akan dijalankan sesuai dengan visi dan misi bagi capres dan cawapres yang akan terpilih.
b.       Memberikan gambaran bahwa visi dan misi dari para capres dan cawapres akan  menjadikan bangsa Indonesia menjadi Negara yang baik lagi dimasa yang akan datang.
c.       Mendorong bangsa Indonesia menjadi Negara yang  berdaulat, mandiri dan berkepribadian berlandaskan gotong-royong sesuai dengan visinya  Jokowi – Jk.
d.       Menjadikan acuan/ dasar bahwa Negara Indonesia akan lebih baik dengan visi dan misi yang di ajukan capres dan cawapres.
e.       Menjujung tinggi semangat kebangsaan agar bangsa Indonesia menjadi Negara maju yang berani , bermoral, dan bermartabat
f.        Sebagai tolak ukur capres dan cawapres yang akan bertanding dirana politik Indonesia.



2.      Manfaat artikel politik ini  untuk masyarakat?
Jawab:
a.       Untuk mengetahui visi dan misi capres dan cawapres yang akan dilakukan dan dipertanggung jawabkan  dimasa yang akan datang  ketika mereka terpilih menjadi capres dan cawapres .
b.       Memberikan gambaran tentang visi dan misi capres dan cawapres agar masyarakat tahu dan tidak salah pilih dalam memilih capres dan cawapres.
c.       Menjadikan acuan bagi Masyarakat agar hidup mereka lebih baik lagi dimasa yang akan datang.
d.       Memberikan pemahaman kepada masyarakat  tentang visi dan misi capres dan cawapres  Jokowi – Jusuf Kalla Dan Prabowo – Hatta tentang visi misi mereka.
e.       Memberikan gambaran kepada masyarakat bahwa visi misi capres dan cawapres dimasa depan seperti itu.
f.        Agar masyarakat tidak salah pilih dalam memilih  capres dan cawapres antara Jokowi – Jusuf Kalla Dan Prabowo – Hatta. Karena keputusan/pilihan mereka menentukan 5 tahun yang akan datang


3.      Manfaat artikel politik ini  untuk diri kita sendiri ?
Jawab:
a.       Sebagai bahan pendidikan /edukasi bagi  saya  tentang visi misi capres dimasa depan.
b.       Sebagai  bahan referensi bagi saya  bahwa Visi Misi Jokowi – Jusuf Kalla Dan Prabowo – Hatta untuk kebaikan kita semua
c.       Menjadi gambaran  Agar saya  tidak salah pilih dalam memilih  capres dan cawapres antara Jokowi – Jusuf Kalla Dan Prabowo – Hatta.
d.       Untuk mengetahui visi dan misi capres dan cawapres yang akan dilakukan dan dipertanggung jawabkan  dimasa yang akan datang  ketika mereka terpilih menjadi capres dan cawapres .
e.       Menjadi acuan dalam diri saya agar saya tidak salah pilih dalam memilih capres dan cawapres karena  pilihan/keputusanku ini menentukan 5 tahun kedepan.


0 Response to "Visi Misi Jokowi – Jusuf Kalla Dan Prabowo – Hatta Masih Normatif "

Post a Comment