kelemahan sistem parlementer dibanding dengan system presidential



1.     Apakah kelemahan sistem parlementer dibanding  dengan system presidential?
            Jawab  :
            Kelemahan Sistem Pemerintahan Parlementer
·         Kedudukan badan eksekutif/kabinet sangat tergantung pada mayoritas dukungan parlemen sehingga sewaktu-waktu kabinet dapat dijatuhkan oleh parlemen.
·         Kelangsungan kedudukan badan eksekutif atau kabinet tidak bisa ditentukan berakhir sesuai dengan masa jabatannya karena sewaktu-waktu kabinet dapat bubar.
·         Kabinet dapat mengendalikan parlemen. Hal itu terjadi apabila para anggota kabinet adalah anggota parlemen dan berasal dari partai mayoritas. Karena pengaruh mereka yang besar diparlemen dan partai, anggota kabinet dapat mengusai parlemen.
·         Parlemen menjadi tempat kaderisasi bagi jabatan-jabatan eksekutif. Pengalaman mereka menjadi anggota parlemen dimanfaatkan dan manjadi bekal penting untuk menjadi menteri atau jabatan eksekutif lainnya.
·         Keberhasilan sangat sulit dicapai jika partai di negara tersebut sangat banyak( banyak suara).
            Sedangkan Kelemahan Sistem pemerintahan Presidensial
·         Kekuasaan eksekutif di luar pengawasan langsung legislatif sehingga dapat menciptakan kekuasaan mutlak.
·         Sistem pertanggungjawaban kurang jelas.
·         Pembuatan keputusan atau kebijakan publik umumnya hasil tawar-menawar antara eksekutif dan legislatif sehingga dapat terjadi keputusan tidak tegas
·         Pembuatan keputusan memakan waktu yang lama.
·         Pengawasan rakyat lemah dan Pengaruh rakyat dalam kebikajan politik negara kurang mendapat perhatian

2.     Uraikan peranan politik pada saat sekarang?
            Peranan politik dalam kehidupan sekarang ini antara lain sebagai berikut:
Yaitu sebagai bahan pendidikan /edukasi kepada masyarakat pada umumnya, agar  pola pikir masyarakat dalam kehidupan sehari-hari menjadi lebih kritis dan demokratis sehingga masyarakat mengetahui apa itu politik  dan bagaimana  itu politik  , padahal perlu kita sadari  bersama, peranan politik itu menyangkut kehidupan sehari-hari kita seperti Jual beli suatu barang, itu juga termasuk kegiatan politik karena memiliki tujuan yaitu mendapakan keuntungan atau kepuasan karena barang kebutuhan dapat terpenuhi .
serta masyarakat dapat mengetahui apa saja manfaatnya dalam bepolitik itu , karena dalam kehidupan sehari-hari masyarakat hanya memahami politik itu seperti dalam halnya partai politik, pemilu , debat/diskusi pejabat atau pemerintah dan lain sebagainya .
            peranan politik  selain sebagai pendidikan juga sebagai tempat/ wadah dimana masyarakat dapat menyalurkan aspirasi atau pendapatnya secara demokrasi kepada pemerintah dan memahami masalah-masalah,ide-ide dan tugas-tugas  yang ada dalam pemerintah . dan agar dapat berpartisipasi secara partisipan yang ditandai dengan kesadaran politik yang sangat tinggi sehingga masyarakat mampu memberikan opininya dan aktif dalam kegiatan politik jadi tidak apatis ataupun golput. Sehingga dengan berpartisipasi dalam berpolitik kita dapat  membantu pemerintah untuk membangun negara ini menejadi Negara yang lebih baik dan maju.




0 Response to "kelemahan sistem parlementer dibanding dengan system presidential"

Post a Comment