Visi Prabowo Sejalan dengan Semangat Muhammadiyah



Artikel TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA     
Visi Prabowo Sejalan dengan Semangat Muhammadiyah

            Penyampaian visi misi Calon Presiden Letjen TNI (Purn) Prabowo Subianto saat berpidato pada acara tanwir tahunan Muhammadiyah, Sabtu (24/5/2014) yang digelar di Samarinda, Kalimantan Timur tak heran mendapatkan antusiasme besar dari peserta yang jumlahnya lebih dari seribu itu. Pasalnya, kekuatan visi misi Prabowo dipandang sejalan dengan semangat Muhammadiyah yang di antaranya berorientasi terhadap pengembangan ekonomi umat termasuk rakyat kecil. Demikian diungkapkan Ketua Dewan Direktur Lembaga Kajian Publik Sabang-Merauke Circle (SMC), Syahganda Nainggolan di Jakarta, Sabtu ini.

            Menurutnya, visi misi Prabowo memang diletakkan untuk membangun karakter bangsa khususnya di bidang sosial ekonomi, agar tercipta mandat kemajuan sekaligus kemandirian nasional yang berbasiskan kemartabatan rakyat. Sementara itu, keberadaan ormas Muhammadiyah sejauh ini memiliki fokus bagi terselenggaranya penguatan unsur pendidikan, serta pelayanan di bidang pemberdayaan ekonomi yang meliputi keumatan dan bangsa. "Inilah bentuk keserasian antara visi misi Prabowo dengan perjalanan Muhammadiyah, sehingga bisa dikatakan pencapresannya lebih mudah untuk diterima oleh kalangan Muhammadiyah," ujar kandidat doktor ilmu kesejahteraan sosial Universitas Indonesia ini.

            Syahganda mengatakan, dalam konteks perjuangan Muhammadiyah untuk terbangunnya aspek kebangsaan yang kukuh dengan nilai-nilai kemandirian, maka aspirasi itu sebenarnya dapat dipadukan dalam cita-cita yang sama dengan integritas Prabowo, oleh karena tidak terdapat perbedaan visi dalam baik dalam arah ataupun pemikirannya. Ia menjelaskan, potensi keanggotaan Muhammadiyah sebagai sebuah ormas terbesar di tanah air, tentu saja menghendaki adanya lingkungan yang kondusif terkait kebijakan negara di tingkat nasional untuk melaksanakan misi dan sejumlah programnya. Dengan demikian, harmoni itu bisa dilakukan melalui kebersamaan strategis yang secara fundamental mendapat titik temu dengan agenda kebangsaan Capres Prabowo.
            "Namun, hal itu tetap tidak boleh merusak independensi Muhammadiyah, yang tergolong sudah mapan dalam mengembangkan model-model kegiatannya," ungkap Syahganda. Ia juga meyakini, dalam momentum Pilpres 2014 ini terjadi harapan yang kuat dari kader-kader Muhammadiyah untuk mendukung dan memilih sosok Prabowo, mengigat kedua elemen itu memiliki keserasian pada agenda nasional kebangsaan, keumatan, dan kerakyatan.

            Acara tanwir Muhammadiyah kali ini diikuti perwakilan wilayah setiap provinsi dan badan otonom yang berada di jajaran Muhammadiyah. Selain itu, hadir pula Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Din Syamsuddin, Mantan Ketua PP Muhammadiyah Amien Rais, serta para tokoh asal Muhammadiyah berikut undangan lainnya.

0 Response to "Visi Prabowo Sejalan dengan Semangat Muhammadiyah"

Post a Comment