ORIENTASI DAN ALIRAN ANTROPOLOGI KEBUDAYAAN



ORIENTASI   DAN ALIRAN ANTROPOLOGI KEBUDAYAAN

1.      Ahli antropologi budaya dalam mendekati suatu masalah berdasarkan padapandangan yang berbeda- beda. Sikap seorang ahli antropologi budaya terhadapmasalah tersebut berorientasikan pada suatu mashab/aliran tertentu. Orientasiteoritis telah berkembang sejak timbul antropologi budaya sebagai disiplin ilmuotonom dengan mengikuti urutan sejarah perkembangannya.

2.       Mashab atau aliran antropologi budaya yang dapat dijelaskan.

A.    Aliran Evolusi Predeterminasi
1)    Kebudayaan setiap masyarakat umumnya berkembang menurut cara yangtelah tertentu sifatnya dan dengan perkembangan yang seragam.
2)    Kebudayaan manusia berkembang dari yang sederhana sampai menjadikompleks dengan melewati 3 tahapan utama evolusi yaitu tahap liar (savagery)tahap biadab (babrarism)dan tahap peradaban (civilization)

B.     Aliran Khususan Sejarah
1.       Terlalu premature untuk memformulasi hukum universal menguasai semuakebudayaan manusia sedunia.
2.       Kebudayaan manusia sangat kompleks keragamannya.

C.     Aliran Difusi
1.       Kebanyakan dari aspek kebudayaan dikembangkan di Mesir dan kemudianmenyebar ke seluruh dunia melalui kontak orang luar dengan orang Mesir.
2.       Ciri khas kebudayaan yang terdapat dalam suatu wilayah kebudayaan (culturearea) bersumber dari suatu pusat kebudayaan.

D.    Aliran Fungsionalisme
1.       Semua unsur kebudayaan berkembang untuk memuaskan kebutuhan individu
2.       Fungsi dari unsur kebudayaan adalah untuk memenuhi kebutuhan dasar yangkemudian memunculkan kebutuhan sekunder.

E.      Aliran Fungsionalisme Struktural
1.       Semua unsur kebudayaan berkembang untuk mempertahankan struktur sosialmasyarakat
2.       Fungsi struktur sosial masyarakat adalah seluruh jaringan dari hubungan hubungan sosial.

F.         Aliran Pendekatan Psikologis
1.       Ahli antropologi budaya tertarik pada penelitian tentang hubungan antarakebudayaan dengan kepribadian. Focus studinya mengenai pengalaman masakanak- kanak mempengaruhi perilaku masa dewasa.
2.       Kebiasaaan mengasuh anak merupakan aspek kebudayaan yang penting.Lingkungan kebudayaan kanak- kanak merupakan masa pembentukankepribadian masa dewasa yang khas dalam suatu masyarakat.
3.       Jika pada masa kanak- kanak cenderung menjalani latihan yang sama oleh parawarga masyarakat, maka orang dewasa pada masyarakat itu memiliki unsure kepribadian yang sama.
4.       Ciri kepribadian yang berbeda- beda pada suatu bangsa di dunia bersumberpada cara pengasuhan pada masa kanak- kanaknya.
5.       Faktor determinan dari pola pengasuhan anak menjadi penyebab beberapapola kebudayaan.

G.      Aliran Evolusi Baru
1.       Perkembangan kebudayaan didorong oleh kadar energy yang tersedia baik,tingkat pertambahan maupun cara penggunaannya.
2.       Penguasaan suatu teknologi yang lebih maju memberi manusia energy yanglebih banyak untuk menghasilkan perkembangan dan perubahan kebudayaanmanusia.

H.    Aliran Strukturalisme
1.       Kebudayaan manusia merupakan perwujudan lahiriyah (surface representation)dari pikiran manusia
2.       Kebudayaan merupakan cara berpikir manusia memandang hal yang ada di duniasekitarnya dan cara mereka menggolongkan hal itu

I.       Aliran Ethnoscience
1.       Pada umumnya manusia berperilaku menurut aturan yang disadari atau takdisadari telah diserapnya.
2.       Pengungkapan aturan yang mendasari perilaku kebudayaan untuk menjelaskan halyang dilakukan oleh manusia dan alasan mengapa ia berperilaku demikian.

J.         Aliran Ekologi
1.       Variasi aspek kebudayaan dipengaruhi atau dibatasi oleh adaptasi masyarakatterhadap lingkungannya.
2.       Lingkungan fisik dan sosial berpengaruh terhadap perkembangan kebudayaan.



Thanks For:
ILMU SOSIAL DASAR DALAM BIDANG ANTROPOLOGI.htm

0 Response to "ORIENTASI DAN ALIRAN ANTROPOLOGI KEBUDAYAAN "

Post a Comment