ORIENTASI DAN ALIRAN ANTROPOLOGI KEBUDAYAAN
1. Ahli antropologi budaya dalam
mendekati suatu masalah berdasarkan padapandangan yang berbeda- beda. Sikap
seorang ahli antropologi budaya terhadapmasalah tersebut berorientasikan pada
suatu mashab/aliran tertentu. Orientasiteoritis telah berkembang sejak timbul
antropologi budaya sebagai disiplin ilmuotonom dengan mengikuti urutan sejarah
perkembangannya.
2.
Mashab atau aliran antropologi
budaya yang dapat dijelaskan.
A. Aliran Evolusi Predeterminasi
1) Kebudayaan setiap masyarakat umumnya berkembang menurut cara
yangtelah tertentu sifatnya dan dengan perkembangan yang seragam.
2) Kebudayaan manusia berkembang dari yang sederhana sampai
menjadikompleks dengan melewati 3 tahapan utama evolusi yaitu tahap liar
(savagery)tahap biadab (babrarism)dan tahap peradaban (civilization)
B. Aliran Khususan Sejarah
1. Terlalu premature untuk memformulasi
hukum universal menguasai semuakebudayaan manusia sedunia.
2. Kebudayaan manusia sangat kompleks
keragamannya.
C. Aliran Difusi
1. Kebanyakan dari aspek kebudayaan
dikembangkan di Mesir dan kemudianmenyebar ke seluruh dunia melalui kontak
orang luar dengan orang Mesir.
2. Ciri khas kebudayaan yang terdapat
dalam suatu wilayah kebudayaan (culturearea) bersumber dari suatu pusat
kebudayaan.
D. Aliran Fungsionalisme
1. Semua unsur kebudayaan berkembang
untuk memuaskan kebutuhan individu
2. Fungsi dari unsur kebudayaan adalah
untuk memenuhi kebutuhan dasar yangkemudian memunculkan kebutuhan sekunder.
E. Aliran Fungsionalisme Struktural
1. Semua unsur kebudayaan berkembang
untuk mempertahankan struktur sosialmasyarakat
2. Fungsi struktur sosial masyarakat
adalah seluruh jaringan dari hubungan hubungan
sosial.
F. Aliran Pendekatan Psikologis
1. Ahli antropologi budaya tertarik
pada penelitian tentang hubungan antarakebudayaan dengan kepribadian. Focus
studinya mengenai pengalaman masakanak- kanak mempengaruhi perilaku masa
dewasa.
2. Kebiasaaan mengasuh anak merupakan
aspek kebudayaan yang penting.Lingkungan kebudayaan kanak- kanak merupakan masa
pembentukankepribadian masa dewasa yang khas dalam suatu masyarakat.
3. Jika pada masa kanak- kanak
cenderung menjalani latihan yang sama oleh parawarga masyarakat, maka orang dewasa
pada masyarakat itu memiliki unsure kepribadian yang sama.
4. Ciri kepribadian yang berbeda- beda
pada suatu bangsa di dunia bersumberpada cara pengasuhan pada masa kanak-
kanaknya.
5. Faktor determinan dari pola
pengasuhan anak menjadi penyebab beberapapola kebudayaan.
G. Aliran Evolusi Baru
1. Perkembangan kebudayaan didorong
oleh kadar energy yang tersedia baik,tingkat pertambahan maupun cara
penggunaannya.
2. Penguasaan suatu teknologi yang
lebih maju memberi manusia energy yanglebih banyak untuk menghasilkan
perkembangan dan perubahan kebudayaanmanusia.
H. Aliran Strukturalisme
1. Kebudayaan manusia merupakan
perwujudan lahiriyah (surface representation)dari pikiran manusia
2. Kebudayaan merupakan cara berpikir manusia
memandang hal yang ada di duniasekitarnya dan cara mereka menggolongkan hal itu
I. Aliran Ethnoscience
1. Pada umumnya manusia berperilaku
menurut aturan yang disadari atau takdisadari telah diserapnya.
2. Pengungkapan aturan yang mendasari
perilaku kebudayaan untuk menjelaskan halyang dilakukan oleh manusia dan alasan
mengapa ia berperilaku demikian.
J. Aliran Ekologi
1. Variasi aspek kebudayaan dipengaruhi
atau dibatasi oleh adaptasi masyarakatterhadap lingkungannya.
2. Lingkungan fisik dan sosial
berpengaruh terhadap perkembangan kebudayaan.
Thanks
For:
ILMU
SOSIAL DASAR DALAM BIDANG ANTROPOLOGI.htm
0 Response to "ORIENTASI DAN ALIRAN ANTROPOLOGI KEBUDAYAAN "
Post a Comment