Materi Lengkap Tentang Pasar: pengertian,syarat,jenis ,peranan,dan fungsi pasar



Materi Lengkap Tentang Pasar:  pengertian,syarat,jenis ,peranan,dan fungsi pasar


A.   Pengertian pasar

Secara umum pasar adalah keseluruhan permintaan dan penawaran barang, jasa atau faktor produksi tertentu. Biasanya pasar dibedakan pengertian pasar dalam arti sempit dan pengertian pasar dalam arti luas. Pengertian pasar dalam arti sempit adalah tempat dimana pada umumnya barang atau jasa diperjualbelikan. Sedangkan pengertian pasar dalam arti luas pasar adalah proses dimana pembeli dan penjual saling berinteraksi untuk menentukan dan menetapkan harga jual. Pengertian lain tentang pasar:

1)    Pasar adalah tempat dimana pembeli dan penjual bertemu dan berfungsi, barang atau jasa tersedia untuk dijual, dan terjadi perpindahan hak milik.

2)    Pasar adalah jumlah seluruh permintaan barang atau jasa oleh pembeli-pembeli (sering dikaitkan dengan istilah demand permintaan)

3)    William J.Stanton

pasar adalah orang-orang yang mempunyai keinginan untuk puas, uang untuk berbelanja, dan kemauan untuk membelanjakannya.

4)     Pasar adalah sarana bertemunya penjual dan pembeli ,baik secara langsung maupun tidak langsung untuk melakukan kegiatan transaksi jual beli.



B.   Syarat-syarat terbentuknya pasar: 
1)    Terdapat penjual dan pembeli 
2)    Adanya barang atau jasa yang diperjualbelikan 
3)    Terjadinya kesepakatan antara penjual dan pembeli atau tawar menawar antara pembeli dengan penjua
C.   Ada tiga fungsi yang mendasar pada keberadaan pasar, yakni :
1)    Fungsi Distribusi maksudnya pasar berfungsi mendekatkan jarak antara konsumen dengan produsen dalam melaksanakan transaksi. Dalam fungsi distribusi, pasar berperan memperlancar penyaluran barang dan jasa dari produsen kepada konsumen.
2)    Fungsi Pembentukan Harga maksudnya pasar berfungsi sebagai pembentuk harga pasar, yaitu kesepakatan harga antara penjual dan pembeli.
3)    Fungsi Promosi maksudnya pasar digunakan sebagai ajang promosi. Pelaksanaan promosi dapat dilakukan dengan cara memasang spanduk, membagikan brosur, membagikan sampel, dll.

D.   Adapun pasar memeiliki peranan, sebagai berikut :
a)     Sebagai tempat untuk mempromosikan barang.
b)    Sebagai tempat untuk menjual hasil produksi.
c)     Sebagai tempat untuk memperoleh bahan produksi.
d)    Memudahkan konsumen untuk mendapatkan barang kebutuhan
e)     Sebagai tempat bagi konsumen untuk menawarkan sumber daya yang dimiliki
f)      Sebagai penunjang kelancaran pembangunan
g)     Sebagai sumber pendapatan negara
Dalam menentukan kriteria jenis-jenis pasar, kita berpedoman pada 4O, yakni :
a.            Apa yang dibeli (object)
b.            Mengapa membeli (objective)
c.             Siapa yang membeli (organization)
d.            Bagaimana membelinya (operation)
Adapun jenis-jenis pasar adalah : 

1.     Pasar Konsumen
Pasar konsumen adalah sekelompok pembeli yang membeli barang-barang untuk dikonsumsikan, bukan untuk dujual atau diproses lebih lanjut. Yang termasuk kelompok ini adalah pembeli individual/pembeli rumah tangga (non bisnis).
Apa yang dibeli? Barang dan jasa konsumsi.
Mengapa membeli? Untuk memuaskan kebutuhan. Sedangkan timbulnya kebutuhan disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu: perkembangan fisik, sosial, ekonomi, dll.
Siapa yang membeli? Satu, beberapa orang, atau mereka yang berada dalam suatu kelompok yang disebut unit pengambilan keputusan, yang terdiri dari :

a.     initiator, yakni orang yang pertama kali mempunyai ide untuk membeli produk.
b.     Influencer yakni orang yang mempengaruhi keputusan dalam pembelian.
c.      Decider yakni orang yang menentukan secara sebagian atau secara keseluruhan dari keputusan pembelian.
d.     Purchaser yakni orang yang melaksanakan pembelian.
e.      User, yakni orang yang memakai atau mengkonsumsikan.

Bagaimana membelinya? Dengan cara reminder buying atau sugesstion buying. Reminder buying adalah pembelian tanpa direncanakan yang didasarkan pada ingatan. Sedang suggestion buying adalah pembelian tanpa direncanakan yang didasarkan pada suatu sasaran dari orang lain.

                                                                   
2.     Pasar Produsen
Pasar produsen juga disebut pasar industri atau pasar bisnis adalah suatu pasar yang terdiri atas individu-individu, lembaga atau organisasi yang membeli barang-barang untuk diproses lagi sampai menjadi produk akhir yang kemudian di jual atau disewakan.
Apa yang dibeli? Barang dan jasa Industri, antara lain :
1)    Bahan dasar dan komponen, contoh : gandum, semen, mesin, ban, dll.
2)    Barang-barang modal, contoh : komputer, bangunan, forklift, mesin tik, dll.
3)    Supplies dan services, contoh : batu bara, konsultasi, periklanan, dll.

Mengapa membeli?Untuk membantu atau memperlancar usahanya dengan tujuan dapat memperoleh laba dari penjualan hasil produksinya.
Siapa yang membeli? Dapat dilakukan sendiri atau ditangani oleh suatu bagian/departemen dalam organisasi/perusahaan tersebut, tergantung dari nilai pembeliannya.
Bagaimana membelinya? Terdapat 3 macam situasi yang berbeda, yaitu:

a.        tugas baru, artinya pembeli baru pertama kali akan membeli (paling kompleks)
b.       Pembelian ulang, artinya pembeli sudah pernah melakukan pembelian barang yang sama, dan akan membeli lagi untuk kedua atau ketiga kalinya.
c.        Pembelian terus-menerus, artinya pembeli sudah berkali-kali melakukan pembelian barang yang sama.

3.     Pasar Penjual/Pedagang Perantara (Reseller Market)
Pasar penjual adalah suatu pasar yang terdiri dari individu dan organisasi yang memperoleh atau membeli barang dengan maksud untuk dijual lagi atau disewakan untuk mendapatkan laba. Apa yang dibeli? Barang yang akan dijual lagi. Hanya saja, barang yang dibelinya tidak diproses, melainkan langsung dijual lagi  Mengapa membeli? Untuk mendapatkan laba. Siapa yang membeli? Dapat dilakukan sendiri atau ditangani oleh suatu bagian/departemen dalam organisasi/perusahaan tersebut, tergantung dari nilai pembeliannya. Bagaimana membelinya? Pasar penjual berusaha mencari supplier atau produsen yang paling baik. Faktor-faktor yang diperhatikan : syarat pembayaran, pelayanan,dll.

4.      Pasar Pemerintah
Pasar pemerintah adalah pasar dimana terdapat lembaga-lembaga pemerintahan, yakni : departemen, direktorat, dan instansi lain yang membeli atau menyewa barang-barang untuk membantu melaksanakan fungsi-fungsi pemerintahan. Apa yang dibeli? Barang dan jasa untuk keperluan di bidang pertahanan, dikbud, pekerjaan umum, kesehatan, kesejahteraan rakyat. Barang yang dibeli misalnya pesawat terbang, kapur tulis, jasa konstruksi, dll. Secara umum, semua ini dapat dimasukkan kedalam kelompok barang konsumsi dan barang industri. Mengapa
membeli? Untuk kepentingan dan kesejahteraan masyarakat.
Siapakah yang membeli? Organisasi atau lembaga pemerintahan, baik pusat ataupun daerah.
Bagaimana membelinya? Dengan penawaran secara terbuka (tender) atau kontrak perjanjian langsung dengan supplier untuk melaksanakan proyek.

5.     Pasar International
Pasar International meliputi beberapa negara di dunia.
Apa yang di beli? Barang atau jassa konsumsi maupun industri.
Mengapa membeli? Untuk memuaskan kebutuhan, atau untuk mendapatkan laba dengan menjualnya lagi, menyewakan atau memproses menjadi barang lain untuk dijual, juga untuk kepentingan dan kesejahteraan masyarakat. 
6.     Pasar Online
Pada pasar online ini saat ini yang banyak sedang digunakan oleh para penjual untuk mempromosikan produknya secara cepat dan mudah dan bisa dibaca orang diseluruh dunia.


F.    Jenis-Jenis Pasar Berdasarkan kategori tertentu
Saat ini jenis-jenis pasar dapat dibedakan dengan beberapa kategori seperti jenis-jenis pasar menurut sifat dan waktu jadinya, berdasarkan wujudnya, berdasarkan luas jangkauannya, berdasarkan hubungan dengan proses produksi, berdasarkan struktur pasar. Berikut penjelasan dari setiap jenis-jenis pasar seperti dibawah ini..

a. Pasar Berdasarkan Sifat dan Waktu Terjadinya
Bentuk pasar menurut sifat dan terjadinya dapat dibedakan antara lain sebagai berikut:
  1. Pasar Harian, adalah suatu pasar yang dilaksanakan setiap hari, contoh pasar harian adalah pasar sentral, pasar tanah abang

  1. Pasar Mingguan, adalah suatu pasar yang dilaksanakan setiap satu minggu satu kali, contohnya pasar senin dan pasar minggu. 

  1. Pasar Tahunan, adalah pasar yang dilaksanakan satu kali dalam satu tahun, contoh pasar tahunan adalah pasar raya jakarta (PRJ).

  1. Pasar Temporer, adalah pasar yang pelaksanaannya sewaktu-waktu terjadi, contoh pasar temporer adalah bazar dan pasar murah. 

b.  Pasar Berdasarkan Wujudnya 
Bentuk pasar menurut wujudnya meliputi pasar konkret dan pasar abstrak antara lain sebagi berikut:
  1. Pasar Konkret (pasar nyata) adalah pasar tempat terjadinya hubungan secara langsung antara penjual barang dengan calon pembeli, contoh pasar konkret adalah pasar tradisional, supermarket, mall, serta swalayan, dan lain-lain. 
  2. Pasar Abstrak (pasar tidak nyata), adalah pasar di mana antara pembeli dan penjual bertemu, tetapi barang yang diperjual belikan tidak secara langsung dapat diperoleh oleh pembeli. Pada pasar abstrak penjual hanya memperlihatkan contoh-contoh barang yang dijual, contoh pasar abstrak adalah telemarket dan pasar modal. 
c.  pasar Berdasarkan luas Jangkauannya
Bentuk pasar menurut luas jangkauannya dapat dibedakan 3 antara lain  sebagai berikut:
  1. Pasar Lokal adalah suatu pasar yang pelaksanaannya dalam bentuk lokal atau daerah tertentu. 
  2. Pasar Nasional adalah suatu pasar sebagai pertemuan antara penjual dengan pembeli dari berbagai daerah atau wilayah dalam satu negara, contoh pasar nasional adalah pasar cengkih di manado, pasar kakao di makassar, pasar tembakau di sumatra dan lain-lain. 

  1. Pasar Internasional adalah suatu pasar sebagai pertemuan antara pembeli dengan penjual di berbagi negara contoh pasar internasional pasar karet di malaysia, pasar tembakau di Bremen, dan pasar Kopi di Amerika. 
d.  pasar Berdasarkan Hubungan dengan Proses Produksi
Bentuk proses menurut hubungannya dengan proses produksi dapat dibedakan antara lain sebagai berikut: 
  1. Pasar Input (Pasar faktor-faktor produksi) adalah pasar yang memperjualbelikan hasil-hasil produksi alam berupa hasil pertanian, tanah dan tenaga kerja, serta barang modal. 

  1. Pasar Output (Pasar  Produk) adalah pasar yang memperjuabelikan barang-barang hasil produksi (dalam bentuk barang jadi). 
e.  pasar Berdasarkan Bentuk 
Bentuk pasar berdasarkan bentuk dari struktur pasar dapat dibedakan  antara lain sebagai berikut: 
  1. Pasar Persaingan Sempurna (Perfect Competition Market) adalah pasar di mana penjual dan pembeli tidak dapat mempengaruhi harga, jadi harga di pasar benar-benar  merupakan hasil kesepakatan dan interaksi antara penawaran mencerminkan keinginan produsen. 

  1. Pasar Persaingan Tidak Sempurna (Inperfect Competition Market) adalah pasar dimana terdapat satu atau beberapa penjual yang menguasai pasar. Pasar persaingan tidak sempurna terbagi atas 3 jenis antara lain pasar monopoli, oligopoli, monopolistis.
1.      pasar monopoli adalah pasar yang bertindak sebagai penentu harga (price market),
2.     pasar oligopoli adalah adalah suatu pasar dimana penawaran satu jenis barang dikuasai oleh beberapa perusahaan,
3.     pasar monopolistis adalah suatu bentuk pasar dimana terdapat banyak produsen yang menghasilkan barang dengan jenis yang berbeda. 

Sumber :
 http://www.artikelsiana.com/

0 Response to "Materi Lengkap Tentang Pasar: pengertian,syarat,jenis ,peranan,dan fungsi pasar"

Post a Comment