Materi Lengkap Tentang Pasar: pengertian,syarat,jenis ,peranan,dan fungsi
pasar
A.
Pengertian pasar
Secara umum pasar adalah
keseluruhan permintaan dan penawaran barang, jasa atau faktor produksi
tertentu. Biasanya pasar dibedakan pengertian pasar dalam arti sempit dan
pengertian pasar dalam arti luas. Pengertian pasar dalam arti sempit adalah
tempat dimana pada umumnya barang atau jasa diperjualbelikan. Sedangkan
pengertian pasar dalam arti luas pasar adalah proses dimana pembeli dan penjual
saling berinteraksi untuk menentukan dan menetapkan harga jual. Pengertian lain
tentang pasar:
1) Pasar adalah tempat
dimana pembeli dan penjual bertemu dan berfungsi, barang atau jasa tersedia
untuk dijual, dan terjadi perpindahan hak milik.
2) Pasar adalah
jumlah seluruh permintaan barang atau jasa oleh pembeli-pembeli (sering
dikaitkan dengan istilah demand
permintaan)
3) William
J.Stanton
pasar adalah orang-orang yang mempunyai keinginan untuk
puas, uang untuk berbelanja, dan kemauan untuk membelanjakannya.
4) Pasar adalah sarana bertemunya penjual dan
pembeli ,baik secara langsung maupun tidak langsung untuk melakukan kegiatan
transaksi jual beli.
B.
Syarat-syarat terbentuknya pasar:
1)
Terdapat penjual dan pembeli
2)
Adanya barang atau jasa yang
diperjualbelikan
3)
Terjadinya kesepakatan antara penjual
dan pembeli atau tawar menawar antara pembeli dengan penjua
C.
Ada tiga fungsi
yang mendasar pada keberadaan pasar, yakni :
1)
Fungsi Distribusi maksudnya pasar
berfungsi mendekatkan jarak antara konsumen dengan produsen dalam melaksanakan
transaksi. Dalam fungsi distribusi, pasar berperan memperlancar penyaluran
barang dan jasa dari produsen kepada konsumen.
2)
Fungsi Pembentukan Harga maksudnya
pasar berfungsi sebagai pembentuk harga pasar, yaitu kesepakatan harga antara
penjual dan pembeli.
3)
Fungsi Promosi maksudnya pasar
digunakan sebagai ajang promosi. Pelaksanaan promosi dapat dilakukan dengan
cara memasang spanduk, membagikan brosur, membagikan sampel, dll.
D.
Adapun pasar
memeiliki peranan, sebagai berikut :
a) Sebagai tempat
untuk mempromosikan barang.
b) Sebagai tempat
untuk menjual hasil produksi.
c) Sebagai tempat
untuk memperoleh bahan produksi.
d) Memudahkan
konsumen untuk mendapatkan barang kebutuhan
e) Sebagai tempat
bagi konsumen untuk menawarkan sumber daya yang dimiliki
f) Sebagai
penunjang kelancaran pembangunan
g) Sebagai sumber
pendapatan negara
Dalam
menentukan kriteria jenis-jenis pasar, kita berpedoman pada 4O, yakni :
a.
Apa yang dibeli (object)
b.
Mengapa membeli (objective)
c.
Siapa yang membeli (organization)
d.
Bagaimana membelinya (operation)
Adapun
jenis-jenis pasar adalah :
1.
Pasar Konsumen
Pasar konsumen adalah
sekelompok pembeli yang membeli barang-barang untuk dikonsumsikan, bukan untuk
dujual atau diproses lebih lanjut. Yang termasuk kelompok ini adalah pembeli
individual/pembeli rumah tangga (non bisnis).
Apa yang dibeli? Barang dan
jasa konsumsi.
Mengapa
membeli? Untuk memuaskan kebutuhan. Sedangkan timbulnya kebutuhan disebabkan
oleh beberapa faktor, yaitu: perkembangan fisik, sosial, ekonomi, dll.
Siapa yang membeli? Satu, beberapa
orang, atau mereka yang berada dalam suatu kelompok yang disebut unit
pengambilan keputusan, yang terdiri dari :
a. initiator, yakni orang
yang pertama kali mempunyai ide untuk membeli produk.
b. Influencer yakni orang
yang mempengaruhi keputusan dalam pembelian.
c. Decider yakni orang
yang menentukan secara sebagian atau secara keseluruhan dari keputusan
pembelian.
d. Purchaser yakni orang
yang melaksanakan pembelian.
e. User, yakni orang
yang memakai atau mengkonsumsikan.
Bagaimana
membelinya? Dengan cara reminder
buying atau sugesstion buying. Reminder buying adalah pembelian tanpa
direncanakan yang didasarkan pada ingatan. Sedang suggestion buying adalah pembelian tanpa direncanakan yang
didasarkan pada suatu sasaran dari orang lain.
2.
Pasar Produsen
Pasar produsen juga disebut pasar industri atau pasar bisnis adalah
suatu pasar yang terdiri atas individu-individu, lembaga atau organisasi yang
membeli barang-barang untuk diproses lagi sampai menjadi produk akhir yang
kemudian di jual atau disewakan.
Apa yang dibeli? Barang dan jasa Industri, antara lain
:
1) Bahan dasar dan
komponen, contoh : gandum, semen, mesin, ban, dll.
2) Barang-barang
modal, contoh : komputer, bangunan, forklift, mesin tik, dll.
3) Supplies dan
services, contoh : batu bara, konsultasi, periklanan, dll.
Mengapa membeli?Untuk membantu
atau memperlancar usahanya dengan tujuan dapat memperoleh laba dari penjualan
hasil produksinya.
Siapa yang membeli? Dapat
dilakukan sendiri atau ditangani oleh suatu bagian/departemen dalam
organisasi/perusahaan tersebut, tergantung dari nilai pembeliannya.
Bagaimana membelinya? Terdapat 3
macam situasi yang berbeda, yaitu:
a.
tugas baru, artinya pembeli baru
pertama kali akan membeli (paling kompleks)
b. Pembelian
ulang, artinya pembeli sudah pernah melakukan pembelian barang yang sama, dan
akan membeli lagi untuk kedua atau ketiga kalinya.
c.
Pembelian terus-menerus, artinya
pembeli sudah berkali-kali melakukan pembelian barang yang sama.
3.
Pasar
Penjual/Pedagang Perantara (Reseller Market)
Pasar penjual adalah suatu pasar yang terdiri dari individu dan
organisasi yang memperoleh atau membeli barang dengan maksud untuk dijual lagi
atau disewakan untuk mendapatkan laba. Apa yang
dibeli? Barang yang akan dijual lagi. Hanya saja, barang yang
dibelinya tidak diproses, melainkan langsung dijual lagi Mengapa membeli? Untuk mendapatkan laba. Siapa yang
membeli? Dapat dilakukan sendiri atau ditangani oleh suatu bagian/departemen
dalam organisasi/perusahaan tersebut, tergantung dari nilai pembeliannya. Bagaimana membelinya? Pasar penjual berusaha mencari
supplier atau produsen yang paling baik. Faktor-faktor yang diperhatikan :
syarat pembayaran, pelayanan,dll.
4.
Pasar Pemerintah
Pasar pemerintah adalah pasar dimana terdapat
lembaga-lembaga pemerintahan, yakni : departemen, direktorat, dan instansi lain
yang membeli atau menyewa barang-barang untuk membantu melaksanakan
fungsi-fungsi pemerintahan. Apa yang
dibeli? Barang dan jasa untuk keperluan di bidang pertahanan,
dikbud, pekerjaan umum, kesehatan, kesejahteraan rakyat. Barang yang dibeli
misalnya pesawat terbang, kapur tulis, jasa konstruksi, dll. Secara umum, semua
ini dapat dimasukkan kedalam kelompok barang konsumsi dan barang industri. Mengapa
membeli? Untuk kepentingan dan kesejahteraan masyarakat.
Siapakah yang membeli? Organisasi atau lembaga pemerintahan,
baik pusat ataupun daerah.
Bagaimana membelinya? Dengan penawaran secara terbuka
(tender) atau kontrak perjanjian langsung dengan supplier untuk melaksanakan
proyek.
5.
Pasar
International
Pasar International meliputi beberapa
negara di dunia.
Apa yang di beli? Barang atau jassa konsumsi maupun
industri.
Mengapa membeli? Untuk memuaskan kebutuhan, atau untuk
mendapatkan laba dengan menjualnya lagi, menyewakan atau memproses menjadi
barang lain untuk dijual, juga untuk kepentingan dan kesejahteraan
masyarakat.
6.
Pasar Online
Pada pasar
online ini saat ini yang banyak sedang digunakan oleh para penjual untuk
mempromosikan produknya secara cepat dan mudah dan bisa dibaca orang diseluruh
dunia.
F. Jenis-Jenis Pasar Berdasarkan
kategori tertentu
Saat ini jenis-jenis pasar dapat
dibedakan dengan beberapa kategori seperti jenis-jenis pasar menurut sifat dan
waktu jadinya, berdasarkan wujudnya, berdasarkan luas jangkauannya, berdasarkan
hubungan dengan proses produksi, berdasarkan struktur pasar. Berikut penjelasan
dari setiap jenis-jenis pasar seperti dibawah ini..
a.
Pasar Berdasarkan Sifat dan Waktu Terjadinya
Bentuk
pasar menurut sifat dan terjadinya dapat dibedakan antara lain sebagai berikut:
- Pasar Harian, adalah suatu pasar yang dilaksanakan setiap hari, contoh pasar harian adalah pasar sentral, pasar tanah abang
- Pasar Mingguan, adalah suatu pasar yang dilaksanakan setiap satu minggu satu kali, contohnya pasar senin dan pasar minggu.
- Pasar Tahunan, adalah pasar yang dilaksanakan satu kali dalam satu tahun, contoh pasar tahunan adalah pasar raya jakarta (PRJ).
- Pasar Temporer, adalah pasar yang pelaksanaannya sewaktu-waktu terjadi, contoh pasar temporer adalah bazar dan pasar murah.
b. Pasar Berdasarkan Wujudnya
Bentuk
pasar menurut wujudnya meliputi pasar konkret dan pasar abstrak antara lain
sebagi berikut:
- Pasar Konkret (pasar nyata) adalah pasar tempat terjadinya hubungan secara langsung antara penjual barang dengan calon pembeli, contoh pasar konkret adalah pasar tradisional, supermarket, mall, serta swalayan, dan lain-lain.
- Pasar Abstrak (pasar tidak nyata), adalah pasar di mana antara pembeli dan penjual bertemu, tetapi barang yang diperjual belikan tidak secara langsung dapat diperoleh oleh pembeli. Pada pasar abstrak penjual hanya memperlihatkan contoh-contoh barang yang dijual, contoh pasar abstrak adalah telemarket dan pasar modal.
c. pasar Berdasarkan luas Jangkauannya
Bentuk
pasar menurut luas jangkauannya dapat dibedakan 3 antara lain sebagai berikut:
- Pasar Lokal adalah suatu pasar yang pelaksanaannya dalam bentuk lokal atau daerah tertentu.
- Pasar Nasional adalah suatu pasar sebagai pertemuan antara penjual dengan pembeli dari berbagai daerah atau wilayah dalam satu negara, contoh pasar nasional adalah pasar cengkih di manado, pasar kakao di makassar, pasar tembakau di sumatra dan lain-lain.
- Pasar Internasional adalah suatu pasar sebagai pertemuan antara pembeli dengan penjual di berbagi negara contoh pasar internasional pasar karet di malaysia, pasar tembakau di Bremen, dan pasar Kopi di Amerika.
d. pasar Berdasarkan Hubungan dengan Proses
Produksi
Bentuk
proses menurut hubungannya dengan proses produksi dapat dibedakan antara lain
sebagai berikut:
- Pasar Input (Pasar faktor-faktor produksi) adalah pasar yang memperjualbelikan hasil-hasil produksi alam berupa hasil pertanian, tanah dan tenaga kerja, serta barang modal.
- Pasar Output (Pasar Produk) adalah pasar yang memperjuabelikan barang-barang hasil produksi (dalam bentuk barang jadi).
e. pasar Berdasarkan Bentuk
Bentuk
pasar berdasarkan bentuk dari struktur pasar dapat dibedakan antara lain sebagai berikut:
- Pasar Persaingan Sempurna (Perfect Competition Market) adalah pasar di mana penjual dan pembeli tidak dapat mempengaruhi harga, jadi harga di pasar benar-benar merupakan hasil kesepakatan dan interaksi antara penawaran mencerminkan keinginan produsen.
- Pasar Persaingan Tidak Sempurna (Inperfect Competition Market) adalah pasar dimana terdapat satu atau beberapa penjual yang menguasai pasar. Pasar persaingan tidak sempurna terbagi atas 3 jenis antara lain pasar monopoli, oligopoli, monopolistis.
1. pasar
monopoli adalah pasar yang bertindak sebagai penentu harga (price market),
2. pasar
oligopoli adalah
adalah suatu pasar dimana penawaran satu jenis barang dikuasai oleh beberapa
perusahaan,
3. pasar
monopolistis
adalah suatu bentuk pasar dimana terdapat banyak produsen yang menghasilkan
barang dengan jenis yang berbeda.
Sumber
:
http://www.artikelsiana.com/
http://jembersantri.blogspot.com/
Pengertian dan Jenis Jenis Tentang
Pasar Lengkap.htm
Bisnis Alternatif Yang Bisa Dilakukan Pada Waktu Luang / Senggang
JANGAN
LUPA BACA ARTIKEL INI JUGA YA SOBAT:
9 Hal Yang Perlu Diperhatikan Untuk Mengurangi Dampak Radiasi
Teknologi Seperti Komputer / Laptop/ Android
3 cara untuk meningkatkan kualitas tenaga kerja di Indonesia.
0 Response to "Materi Lengkap Tentang Pasar: pengertian,syarat,jenis ,peranan,dan fungsi pasar"
Post a Comment