Bagian –Bagian Menu Bar , Navigation Toolbar, Ikon Fungsi, Address Bar, Status Bar Dan Fungsinya



Bagian –Bagian Menu Bar , Navigation Toolbar, Ikon Fungsi, Address Bar, Status Bar Dan Fungsinya


Menu Bar
Merupakan bagian utama dari Mozilla Firefox yang berisi perintah-perintah yang terbagi dalam menu-menu utama dan sub menu di dalam menu-menu tersebut.
Navigation Toolbar
Merupakan ikon-ikon standar yang akan memandu kita dalam menjelajahi internet.
Ikon Fungsi
            Kembali ke halaman sebelumnya yang telah diakses
            Menuju ke halaman berikutnya (jika sebelumnya telah mengklik back botton)
            Mengulang kembali proses penampilan halaman yang sedang diakses (refresh)
            Menghentikan proses loading halaman yang sedang diakses
            Menuju ke halaman awal Mozilla Firefox

Address bar
Merupakan tempat untuk mengetikkan alamat dari website yang ingin kita kunjungi. Misalnya anda mau mengunjungi situs yahoo.com, maka klik pada kolom berwarna putih pada address bar dan ketikkan alamat situs yahoo yaitu www.yahoo.com. Setelah itu klik ikon atau tekan “Enter” pada keyboard.

Status Bar
Berfungsi untuk menampilkan aktifitas yang sedang kita lakukan seperti menampilkan proses loading halaman, atau menampilkan alamat-alamat dari hyperlink yang sedang kita sorot dengan cursor.

BAGIAN-BAGIAN SUB MENU MOZILLA FIREFOX
Menu File
·         New tab, Membuka sebuah tab baru pada jendela Firefox terkini.
·         New window, Membuka sebuah jendela Firefox baru.
·         Open file, Menampilkan dialog Buka Berkas agar Anda dapat memilih berkas dari disk lokal atau jaringan.
·         Save page as, Menyimpan halaman yang sedang dibuka, Anda dapat menyimpan halaman secara lengkap (dengan gambar), atau halaman HTML saja, atau teks pada halaman saja.
·         Send link, Membuka jendela email baru dengan program email default pada komputer Anda agar Anda dapat mengirimkan tautan pada halaman terkini yang sedang terbuka.
·         Page setup, Menampilkan dialog Tata Halaman agar Anda dapat menentukan pengaturan pencetakan (print) seperti margin, header, footer, dan arah kertas.
·         Print preview, Menampilkan pratinjau yang berisi bagaimana dokumen yang sedang dibuka tampil pada saat dicetak. Pengaturan Tata Halaman dan pengaturan pembuat halaman berpengaruh pada tampilan ini.
·         Print, Menampilkan dialog Pencetakan (Print), agar Anda dapat menentukan jumlah salinan yang dicetak, dan lain sebagainya. Klik OK untuk mencetak halaman.
·         Impor, Membuka dialog Penuntun (Wizard) Import agar Anda dapat mengimpor pengaturanpengaturan, bookmarks, history, passwords and other data from browsers like Microsoft Internet Explorer, Netscape, Mozilla or Opera.
·         Exit, Menutup semua jendela Firefox, menghentikan semua unduhan yang sedang berjalan, dan keluar dari program.
Menu Edit

·         Undo, Membatalkan aksi terakhir yang dilakukan pada isian teks (text field)..
·         Redo, Mengulangi aksi yang dibatalkan oleh perintah Batal.
·         Cut, Memotong sebagian atau keseluruhan teks pada isian form dan menyimpan hasil potongan pada clipboard. Anda dapat menempelkan hasil potongan ini di tempat lain dengan menggunakan perintah Tempel.
·         Copy, Menyalin sebagian atau keseluruhan teks ke clipboard.
·         Paste, Menempelkan teks yang ada pada clipboard pada isian teks.
·         Delete, Menghapus sebagian atau keseluruhan teks yang terpilih pada isian teks.
·         Select all, Memilih semua teks dan item lainnya pada halaman.
·         Find, Menampilkan bilah alat pencarian pada bagian bawah jendela program.

Menu View
·         Berhenti
Berhenti memuat halaman yang sekarang sedang dimuat.
·         Muat Ulang, Mengambil versi terbaru halaman yang sedang tampil. Hal ini sama dengan mengklik tombol Muat Ulang pada bilah alat.
·         Zoom, Jika tampilan halaman web terlalu kecil atau terlalu besar, Anda dapat mengubahnya melalui menu ini agar ukuran tampilannya sesuai dengan keinginan Anda.
1.     Perbesar, Membuat tampilan halaman web satu tingkat lebih besar.
2.     Perkecil, Membuat tampilan halaman web satu tingkat lebih kecil.
3.     Normal, Membuat tampilan halaman web kembali menjadi tampilan berukuran normal.
4.     Perbesar Teks Saja Jika diaktifkan, perintah Perbesar/Perkecil hanya berlaku pada teks pada halaman, tidak untuk halaman secara keseluruhan.
·         Page style, Anda dapat memulih gaya untuk halaman yang sedang tampil lewat menu ini. Secara default, "Gaya Standar Halaman" terpilih, kecuali jika pembuat halaman menentukan gaya lain sebagai default.
1.     Tanpa Gaya Menghilangkan pemformatan gaya pada halaman.
2.     Gaya Standar Halaman, Menampilkan halaman dengan gaya umum yang ditentukan oleh pembuat halaman.
·         Pengodean Karakter, Anda dapat mengubah pengodean karakter halaman web secara manual melalui menu ini. Umumnya Firefox memilih pengodean karakter yang sesuai secara otomatis.
·         Kode Sumber Halaman, Menampilkan kode sumber halaman dokumen yang terbuka.
·         Full screen, Membuat tampilan jendela Firefox memenuhi layar komputer.

Menu Riwayat/history
Menampilkan Bilah Samping Riwayat, yang berisi beberapa situs yang terakhir dikunjungi dan tab yang sebelumnya tertutup (berisi daftar situs yang pernah dikunjungi). Untuk mengubah berapa lama alamat sebuah situs disimpan pada riwayat, pilih menu Alat > Pengaturan Ubah > PengaturanFirefox > Pengaturan dan pilih panel Privasi.
·         Tampilkan Semua Riwayat, Menampilkan jendela Pustaka berisi daftar situs yang pernah Anda kunjungi.
·         Restore closed tabs, Anda dapat mengembalikan tampilan tab yang baru saja ditutup pada jendela terkini dengan memilihnya dari daftar pada menu ini.
·         Recently closed windows , Anda dapat mengembalikan jendela yang baru saja ditutup pada sesi penjelajahan terkini. 3.5/3.6






Menu Bookmark
·         Bookmark
Menu ini menampilkan daftar situs web yang telah dibuat bookmarknya.
·         Buat Bookmark Halaman Ini, Menambahkan halaman yang tampil ke daftar bookmark Anda.
·         Berlangganan Halaman Ini, Menampilkan pratinjau feed yang ditawarkan pada situs web yang terbuka. Pada halaman pratinjau Anda dapat berlangganan feed dengan menggunakan Bookmark Hidup, program pembaca feed (feed reader) pada komputer Anda, atau layanan web (web service).
·         Buat Bookmark Semua Tab, Membuat sebuah folder bookmark yang berisi semua tab yang sedang terbuka pada jendela terkini.
·         Kelola Bookmark, Menampilkan jendela Pustaka, yaitu jendela tempat Anda dapat mengubah bookmark-bookmark Anda.
Menu Alat/ tools
Memindahkan kursor ke kotak Pencarian Web. Anda dapat mengetikkan kata kunci yang ingin dicari pada Web di kotak tersebut.
·         Download, Membuka jendela Unduhan agar Anda dapat menampilkan unduhan yang sedang berjalan dan juga unduhan lain yang telah selesai.
·         Pengaya, Membuka jendela pengelola Pengaya agar Anda dapat menampilkan, memasang, mengatur konfigurasi, memutakhirkan, dan menghapus pemasangan pengaya dan tema Anda.
·         Error console, Membuka jendela Konsol Kesalahan yang dapat menampilkan masalah pada kode JavaScript.
·         Page info, Menampilkan beragam informasi tentang halaman yang terbuka seperti misalnya jenis dokumen, pengodean, ukuran, dan informasi keamanan halaman.
·         Start private browsing, Memulai sesi penjelajahan pada Firefox tanpa menyimpan data riwayat penjelajahan, cookie, atau data pribadi lainnya.
·         Clear recent history, Anda dapat menghapus riwayat penjelajahan, berkas sementara yang tersimpan, cookie, dan data pribadi lainnya dengan menu ini.
·         Option, Menampilkan Jendela PengaturanPengaturan, agar Anda dapat mengubah berbagai macam pengaturanpengaturan pada Firefox.

Menu help / Bantuan
·         Firefox help, Menyediakan informasi dan bantuan tentang bagaimana menjelajah web dengan Firefox.
·         Troubleshooting information, Menyediakan informasi dan bantuan agar pihak lain dapat membantu Anda saat Firefox bermasalah berdasarkan informasi yang dapat diakses pada menu ini.
·         Catatan Rilis, Menyediakan informasi dan bantuan tentang pemasangan (install), menghapus pemasangan (uninstall), dan mengatur konfigurasi Firefox serta informasi penting yang perlu diketahui. Membutuhkan sambungan Internet yang aktif.
·         Laporkan Situs Web Bermasalah, Anda dapat melaporkan situs web yang tidak dapat tampil atau berfungsi dengan benar pada Firefox kepada pengembang Firefox.
·         Laporkan Pemalsuan Web / Bukan Pemalsuan Web, berfungsi agar Anda dapat melaporkan situs yang menurut Anda merupakan situs penipuan "phising".
·         Periksa Versi Baru, Menampilkan dialog yang memeriksa apakah telah tersedia versi baru Firefox.
·         About Firefox (Tentang Mozilla Firefox), Menampilkan kotak dialog berisi informasi tentang Firefox, versi Firefox yang sedang berjalan dan daftar kredit.

1 Response to "Bagian –Bagian Menu Bar , Navigation Toolbar, Ikon Fungsi, Address Bar, Status Bar Dan Fungsinya"