PENGERTIAN DAN
TUJUAN ADMINISTRASI PERKANTORAN
A. PENGERTIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN
Secara etimologi Administrasi berasal
dari bahasa Latin yaitu terdiri atas kata Ad yang
bermakna penekanan secara intensif, dan ministrare yang berarti
melayani, membantu, atau memenuhi. Jadi Istilah ini merujuk pada suatu kegiatan
atau usaha untuk membantu, melayani, mengarahkan, atau mengatur semua kegiatan
yang seharusnya dilakukan secara intensif dan Sondang
P.Siagian (dalam Filsafat Administrasi) berpendapat bahwa administrasi
merupakan keseluruhan proses kerjasama antara dua orang manusia atau lebih yang
didasarkan atas rasionalitas tertentu untuk mencapai tujuan yang telah
ditentukan sebelumnya. Sedangkan kator secara etimologi kantor berasal dari
Belanda: “kantoor”, yang maknanya: ruang tempat bekerja, tempat
kedudukan pimpinan, jawatan instansi dan sebagainya. Dalam bahasa Inggris “office”
memiliki makna kantor adalah tempat
memberikan pelayanan (service), posisi, atau ruang tempat kerja.dan menurut
istilah adalah tempat diselenggarakannya kegiatan tata usaha di mana terdapat
ketergantungan system antara orang, teknologi, dan prosedur untuk menangani
data dan informasi mulai dari menerima, mengumpulkan, mengolah, menyimpan,
sampai menyalurkannya
Jadi dapat disimpulkan administrasi
perkantoran,merupakan
rangkaian kegiatan merencanakan,mengorganisasi (mengatur dan
menyusun),mengarahkan,mengawasi (melakukan kontrol),serta menyelenggarakan
secara tertib berbagai pekerjaan perkantoran dan pekerjaan ketatausahaan. Atau
dengan kata lain administrasi perkantoran merupakan rangkaian aktivitas
merencanakan, mengorganisasi (mengatur dan menyusun), mengarahkan (memberikan
arah dan petunjuk), mengawasi, dan mengendalikan (melakukan kontrol) sampai
menyelenggarakan secara tertib sesuatu hal.
B.
Tujuan
Administrasi Perkantoran
Tujuan program keahlian administrasi
perkantoran secara umum adalah sebagai berikut:
a) Menerapkan dan mengembakan kemampuan
berkomunikasi baik lisan maupun tertulis dengan relasi dengan memperhatikan
norma dan lingkungan masyarakat.
b) Menerapkan dan mengembangkan
kemampuan teknologi informasi untuk melaksanakan tugas secara efektif dan
efisien.
c) Menerapkan dan mengembangkan
kemampuan untuk merencanakan, melaksanakan, mengorganisasi dan mengevaluasi
tugas yangmenjadi tanggungjawabnya.
d) Menerapkan dan mengembangkan
kemampuan dalam mengelola surat/dokumen sesuai standar operasi dan prosedur
untuk mendukung tugas pokok lembaga.
e) Menerapkan dan mengembangkan
pelayanan terhadap relasi sehingga diperoleh manfaat masing-masing pihak.
f) Menerapkan dan mengembangkan
kemampuan mengelola administrasi keuangan sehingga segala aspek keuangan dapat
dilaporkan dan dipertanggungjawabkan.
0 Response to "PENGERTIAN DAN TUJUAN ADMINISTRASI PERKANTORAN"
Post a Comment