PENYAJIAN DATA DALAM BENTUK GRAFIK, BAGAN DAN DIAGRAM



PENYAJIAN DATA DALAM BENTUK GRAFIK, BAGAN DAN DIAGRAM

A.    Hal yang perlu diperhatikan ketika membuat grafik

  1. Menentukan sumbu absis (X) dan ordinat Y). Sumbu absis mencantumkan nilai dan sumbu ordinat mewakili frekuensi.
  2. Menentukan perbandingan antara X dan Y. Lazimnya sumbu X dibuat lebih panjang.
  3. Pemberian nama pada tiap sumbu.
  4. Pemberian nama pada grafik.

B.     Jenis Grafik, Bagan dan Diagram : 
Histogram, Poligon, Ogive, Bagan melingkar, grafik batang, kartogram, Piktogram, diagram garis, bagan piramida.

  1. Histogram : Grafik ini disebut juga Bar diagram yakni grafik berbentuk segi empat. Dasar pembuatan dengan menggunakan batas nyata atau titik tengah.
  1. Poligon: Grafik ini juga populer dengan sebutan poligon frekuensi. Dibuat dengan  menghubungkan titik tengah dalam bentuk garis (kurve). Grafik ini mendasarkan pada titik tengah dalam pembuatannya.
  1. Grafik Ogive : Disebut juga grafik frekuensi meningkat, karena cara pembuatannya dengan menjumlah frekuensi pada tiap nilai variabel.

  1. Bagan melingkar/ grafik melingkar : Yaitu grafik atau bagan berupa lingkaran yang telah dibagi menjadi beberapa bagian sesuai dengan proporsi data. Biasanya dinyatakan dalam persen.
  1. Grafik Batang atau balok: Yaitu grafik yang berbentuk persegi panjang yang lebarnya sama dan dilengkapi dengan skala atau ukuran sesuai data yang bersangkutan. Setiap batang tidak boleh saling melekat atau menempel dan jarak tiap batang harus sama. Susunan grafik ini boleh tegak atau mendatar.
  1. Kartogram atau peta statistik : Yaitu grafik data berupa peta yang menunjukkan kondisi data dan diwakili oleh lambang tertentu dalam sebuah peta. Biasanya untuk menggambarkan kepadatan penduduk, curah hujan, hasil pertanian, hasil penjualan, hasil pertambangan dan sebagainya.
  1. Piktogram : Yaitu grafik data yang menggunakan gambar atau lambang dalam penyajiannya. Satu lambang bisa mewakili jumlah tertentu.
  1. Grafik garis : Yaitu grafik data berupa garis yang diperoleh dari ruas garis yang menghubungkan titik-titik pada bilangan. Grafik ini dibuat dengan 2 sumbu yakni sumbu X menunjukkan bilangan yang sifatnya tetap, seperti tahun, ukuran dan sebagainya. Sedangkan pada sumbu Y ditempatkan bilangan yang sifatnya berubah-ubah seperti, harga, biaya dan jumlah.



Thanks for:

http://manyfiles4u.blogspot.com/2012/03/pengantar-statistik-sosial.html

0 Response to "PENYAJIAN DATA DALAM BENTUK GRAFIK, BAGAN DAN DIAGRAM"

Post a Comment