Dampak dari Globalisasi Sebagai Akibat dari Perubahan Pola Pikir Remaja



Dampak dari Globalisasi Sebagai Akibat dari Perubahan Pola Pikir Remaja

Globalisasi di zaman ini biasanya dikenali oleh masyarakat khususnya remaja pada umumnya, dengan pola pikir yang berubah. Yang menjadi contoh dari pengaruh globalisasi ini bisa didapat dari segi ilmu pengetahuan dan teknologi, ekonomi, dan sosial.

1.             Dampak globalisasi dilihat dari segi ilmu pengetahuan dan teknologi
Dengan semakin berkembangnya globalisasi, semakin berkembang pula pemikiran remaja di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Banyak remaja yang menjadikan teknologi tersebut sebagai sarana dalam meningkatkan kualitas ilmu pengetahuan yang dimilikinya.
Ada juga dampak negatif dari perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, yakni banyaknya yang menyalahgunakan ilmu pengetahuan dan teknologi tersebut dengan banyaknya suatu benda yang diciptakan yang dapat merugikan orang lain

2.             Dampak globalisasi dilihat dari segi ekonomi
Dampak globalisasi jika dilihat dari segi ekonomi bagi para remaja tidak secara langsung. Dikarenakan, remaja masih dalam tahap belajar atau masih seorang pelajar.
Dampak dari segi ekonomi secara umum dapat dilihat dari perubahan pola pikir seseorang dalam menangani sumber daya alam yang ada di Negara masing-masing. Di Indonesia, dapat dilihat dari meningkatnya pengetahuan masyarakat dalam mengolah apa yang sedang ditangani. Sehingga, penghasilan menjadi lebih baik.
Adapun dampak negatif dilihat dari segi ekonomi yaitu banyaknya produk luar negeri yang lebih banyak digunakan dibandingkan produk dalam negeri. Hal ini dapat menurunkan kecintaan pada negara sendiri atau bisa dikatakan, tingkat nasionalismenya semakin rendah.

3.             Dampak globalisasi dilihat dari segi sosial budaya
Dampak positif dari globalisasi jika dilihat dari segi sosial budaya yaitu berkembangnya hubungan antar sesama dari berbagai negera. Hal ini dapat menjadikan hubungan antar negara menjadi semakin baik. Juga dengan adanya berbagai macam media sosial yang saat ini berkembang, menjadikan seakan-akan tidak ada pembatas antara negara dalam menjalin hubungan social.
Sedangkan dampak negatifnya yaitu, jiwa nasionalisme negara mereka sendiri semakin terkikis. Banyak orang yang lebih memilih melekatkan budaya negara lain dengan dirinya. Sehingga budaya khas dari negara mereka malah semakin terlupakan.
Dampak negatif lainnya yaitu hubungan antar sesama manusia terutama laki-laki dan perempuan yang semakin dianggap biasa-biasa.
Upaya-upaya yang dilakukan agar terhindar dari pemikiran yang buruk sebagai dampak dari globalisasi yaitu sebagai berikut :
1.             Adanya motivasi dari keluarga, guru, maupun teman sebaya
2.             Memperbanyak informasi mengenai cara menanggapi globalisasi
3.             Selalu berfikiran jernih dan positif dalam melihat suatu masalah
4.             Tetap menjaga nasionalisme yang kuat agar terhindar dari pengaruh budaya lain


Thanks for referensi:
3.           http://mytanuraisah.blogspot.com/2011/07/pengaruh-globalisasi-terhadap-perilaku.html


0 Response to "Dampak dari Globalisasi Sebagai Akibat dari Perubahan Pola Pikir Remaja"

Post a Comment