Jenis-Jenis Fauna di Kawasan Mangrove dan Peranannya



Jenis-Jenis Fauna di Kawasan Mangrove dan Peranannya

Mangrove adalah vegetasi khas daerah tropika dan subtropika yang tumbuh pada tanah lumpur di dataran rendah di daerah batas pasang-surutnya air, tepatnya daerah pantai dan sekitar muara sungai. Tumbuhan tersebut tergenang di saat kondisi air pasang dan bebas dari genangan di saat kondisi air surut.

Kawasan mangrove dihuni oleh berbagai jenis fauna, diantaranya ikan, udang, kerang, kepiting, katak, berbagai jenis burung, kelelawar, monyet dan ular. Organisme yang paling mencirikan kawasan mangrove adalah ikan glodok yang mampu terbang meloncat-loncat dengan cepat.

Menurut Soenoyo (dalam Arief, 2007) bahwa di perairan Indonesia 80% dari ikan-ikan komersial yang tertangkap di daerah perairan pantai ternyata berhubungan erat dengan rantai makanan yang terdapat dalam ekosistem mangrove dan sekitar 70% dari siklus hidup udang dan ikan-ikan yang tertangkap di daerah estuaria berada di daerah mangrove.





Thanks for referensi:
a)      Arief, Arifin. 2007. Hutan Mangrove. Yogyakarta: Kanisius

b)      Fauziah, Y. 1999. Prospek Rehabilitasi Hutan Mangrove Pangkalan Batang Bengkalis, Riau Ditinjau dari Vegetasi Strata Semai. Dalam Prosiding Seminar VI Ekosistem Mangrove di Pekanbaru, 15-18 September 1998.

c)      Kasim, Ma’ruf. 2008. Mengenal Pola Rehabilitasi Mangrove Partisipative. Online, (http://www.google.com).

d)     Noor, dkk. 1999. Panduan Pengenalan Mangrove di Indonesia. Bogor: PKA/WI-IP.


f)       Savitri, L.A. dan M. Khazali. 1999. Pemberdayaan Masyarakat dalam Pengelolaan Wilayah Pesisir. Bogor: Wetlands International Indonesia Programme.

g)      Subing, H. Z. 1995. Pengembangan Wilayah Pantai Terpadu dalam Rangka Pembangunan Daerah. Dalam Prosiding Seminar V Ekosistem Mangrove di Jember, 3-6 Agustus 1994.

h)      Sudarmadji. 2001. Rehabilitasi Hutan Mangrove Dengan Pendekatan pemberdayaan Masyarakat Pesisir (Jurnal). Jember: FMIPA Universitas Jember

i)        The Mangrove Information Centre. Online, (http://www.mangrovecentre.or.id).

j)        Undang-Undang Nomor 41 Tahun 1999 tentang Kehutanan. Jakarta: Departemen Kehutanan Republik Indonesia

0 Response to "Jenis-Jenis Fauna di Kawasan Mangrove dan Peranannya"

Post a Comment