PENGERTIAN MODERNISASI, PERTUMBUHAN, PERKEMBANGAN DAN PERUBAHAN



PENGERTIAN MODERNISASI, PERTUMBUHAN, PERKEMBANGAN DAN PERUBAHAN

PENGERTIAN MODERNISASI,

1.      Modernisasi merupakan proses perubahan terhadap sistem ekonomi, sosial dan politik yang berkembang di Eropa Barat dan Amerika Utara dari abad ke-17 sampai ke-19 yang kemudian menyebar ke negara-negara Eropa lainnya

2.      Modernisasi adalah " suatu perubahan masyarakat dalam seluruh aspeknya dari masyarakat tradisional menuju masyarakat modern ".

3.      Menurut Wijoyo Nitisastro
Modernisasi adalah suatu proses transformasi total dari kehidupan bersama yang bersifat tradisional (pramodern) dalam arti teknologi suatu organisasi sosial ke arah pola-pola ekonomi dan politis.

4.      Menurut Abdul Syam
Modernisasi adalah suatu proses transformasi dari suatu perubahan ke arah yang lebih maju atau meningkat dalam berbagai aspek dalam kehidupan masyarakat.

5.      Modernisasi adalah suatu proses transformasi dari suatu perubahan ke arah yang lebih maju atau meningkat di berbagai aspek dalam kehidupan masyarakat

Jadi moderni­sasi diartikan sebagai proses trasformasi dan perubahan dalam masya­rakat yang meliputi segala aspeknya, baik ekonomi, industri, sosial, budaya, dan sebagainya.


PENGERTIAN PERUBAHAN
Perubahan adalah transformasi dari keadaan yang sekarang menuju keadaan yang diharapkan di mas yng akan datang, suatu keadaan yang lebih baik
PENGERTIAN PERKEMBANGAN
1.      Akhmad Sudrajat : 2008, memberikan definisi bahwa “Perkembangan dapat diartikan sebagai perubahan yang sistematis, progresif dan berkesinambungan dalam diri individu sejak lahir hingga akhir hayatnya atau dapat diartikan pula sebagai perubahan – perubahan yang dialami individu menuju tingkat kedewasaan atau kematangannya.”

2.      Perkembangan adalah suatu proses perubahan yang berlangsung secara n teratur dan terus–menerus, baik perubahan itu berupa bertambahnya jumlah atau  ukuran dari hal–hal yang telah ada,  maupun perubahan karena timbulnya unsur– unsur yang baru (Soetjiningsih, 2002)

3.      perkembangan adalah proses perubahan yang terjadi secara alami sebagai dampak dari adanya pem­bangunan

4.      perkembangan adalah proses perubahan yang terjadi secara alami sebagai dampak dari adanya pem­bangunan (Riyadi dan Deddy Supriyadi Bratakusumah, 2005).

PENGERTIAN PERTUMBUHAN
1.      Pertumbuhan adalah suatu proses perubahan yang bersifat kuantitatif menuju kearah peningkat­an dari keadaan yang semula  dari  proses pembangunan. … yang berupa pengembangan/per­luasan (expansion) atau peningkatan (improvement) dari aktivitas yang dilakukan oleh suatu komunitas masyarakat.



0 Response to "PENGERTIAN MODERNISASI, PERTUMBUHAN, PERKEMBANGAN DAN PERUBAHAN"

Post a Comment