Teori Sosial dan Teori Natural dalam Memandang Over Population di Suatu Negara



Teori Sosial dan Teori Natural dalam Memandang Over Population di Suatu Negara

Teori Sosial
Teori ini berpangkal pada manusia sebagai mahluk sosial yang menjadi faktor utama perkembangan penduduk. Robert Malthus dalam karyanya An Essay on The Principle of population menekankan hubungan antara pertambahan penduduk dengan persediaan makanan. Ia yang pertama kali membuat ramalan dan membahas bahaya kelebihan penduduk (Over Population).
Teori Sosial Tentang Over Population
Dalam teori ini, ada 3 aliran teori kependudukan yang mendukung.
Malthusianisme Propetism, mengemukakan:
1.      Ketimpangan antara jumlah penduduk dengan kebutuhan penduduk (Over Population) tidak akan terjadi sebab dengan semakin baiknya tingkat penghidupan dan peradaban.
2.      Meskipun demikian mereka masih mempunyai kekhawairan dan ketidakpastian bahwa suatu saat akan terjadi over Population.
3.      Malthusianisme Modern:
4.      Budge, meramalkan adanya over population dimasa yang akan datang.
5.      Thomson, sepaham dengan Malthus tentang over population yang pasti terjadi.ia mengakui bahwa kemakmuran semakin meningkat dan dapat menahan laju pertambahan penduduk.
6.      COX and East, cemas akan bayangan over population, tetapi hal itu mungkin agak sedikit tertahan dengan hambatan kelahiran.
7.      Wright, over population pasti bakal terjadi. Namun besarnya peningkatan hasil bumi sedikit banyak akan menahannya.
8.      J.B. Canning, over population terjadi bila:
  1. Adanya bahaya kelaparan dan kematian
  2. Jumlah bahan makanan sudah maksimum


Teori Natural
Dasar teori ini, bahwa manusia dalam hidupnya selalu terikat lingkungan alam (natural Environment). Penduduk dunia bertambah, karena angka kelahiran jauh lebih besar dari angka kematian. Perkembangan keturunan sangat dipengaruhi oleh alam.
Teori Natural Tentang Over Population
1.      Raymand S. Pearl, bila dirasakan dunia semakin padat dan ruang hidup manusia terasa semakin sempit maka perkembangannya akan mulai menurun. Sama dengan teori Malthus, pada suatu saat Over Population pasti akan terjadi, tetapi dengan teori “ruang yang terbatas” maka terjadinya over population akan diperlambat dengan sendirinya.
2.      Corrado Ginni, saat over population terjadi jika pertumbuhan manusia dalam tingkat dewasa. Kelelahan daya produksi disebabkan oleh kelelahan psikologis yang terjadi karena persaingan dalam masyarakat, banyaknya pikiran yang ditanggung manusia, ini dapat menghambat proses over population..

0 Response to "Teori Sosial dan Teori Natural dalam Memandang Over Population di Suatu Negara"

Post a Comment