JENJANG PERSENTIL (JP)



JENJANG PERSENTIL (JP)



            Jenjang persentil (percentile rank) adalah alat statistik yang sering dimanfaatkan untuk mengetahui jumlah individu (dalam persen) yang berada pada dan dibawah nilai tertentu. Ringkasnya jenjang persentil adalah suatu bilangan yang menunjukkan jumlah frekuensi dalam persen yang ada pada dan dibawah nilai tertentu. Jika dari hasil perhitungan diperoleh harga JP 45 adalah 35, hal ini berarti terdapat sebanyak 35 persen individu yang berada pada dan dibawah nilai 45.
            Satu catatan bahwa pengukuran jenjang persentil hanya bisa dioperasikan jika data yang diperoleh dalam bentuk numerik atau angka. Apakah beda antara persentil dengan jenjang persentil? Persentil adalah titik atau nilai yang menjadi batas tiap distribusi frekuensi yang dipersoalkan, sedangkan jenjang persentil adalah bilangan yang menunjukkan jumlah (dalam persen) individu yang berada pada dan dibawah nilai tertentu. Dengan demikian pengukuran persentil diterapkan untuk menentukan titik atau nilai yang menjadi batas sekian persen distribusi frekuensi, sementara jenjang persentil titik atau nilainya sudah diketahui selanjutnya ditentukan jumlah individu (dalam persen) yang berada pada dan dibawah nilai dimaksud.

Cara  Menentukan Harga Jenjang Persentil

            Pada data tunggal barangkali tidaklah terlampau sulit menentukan jumlah individu (dalam persen) yang berada pada dan dibawah nilai tertentu. Pada data tunggal untuk menentukan jumlah individu dalam persen dapat dilakukan melalui teknik distribusi frekuensi kumulatif atau menjumlahkan frekuensi pada tiap nilai variabel yang telah diubah terlebih dahulu dalam persen. Dengan demikian tidak hanya dapat diketahui jumlah individu (%) yang berada pada dan dibawah nilai tertentu saja namun jumlah individu yang berada diatas nilai tertentu juga dapat ditentukan.
Sementara itu jika kita berhadapan dengan data bergolong atau intervalisasi maka salah satu pendekatan yang dapat dilakukan adalah dengan rumus :

              X – Bb                       100
JP =   ( ----------  ) fd   +  cfb   -------
                  i                               N
Keterangan :
JP        : Jenjang persentil yang dicari
X          : Sesuatu nilai yang diketahui
Bb        : Batas bawah (nyata) dari interval yang mengandung X
i           : Lebar interval  
fd         : Frekuensi dalam interval yang mengandung X
cfb       : Frekuensi kumulatif dibawah interval yang mengandung X
N         : Jumlah frekuensi/ individu yang diamati

Berdasarkan formulasi ini maka dalam menentukan harga JP langkah pertama yang perlu dicermati adalah pada nilai berapa yang hendak dihitung JPnya. Misalnya: JP25, JP 30 dan seterusnya tergantung pada nilai berapa (X) yang hendak dihitung jumlah persentasenya. Selanjutnya susunlah frekuensi kumulatifnya dan tentukan cfb dan fd serta, i dan N serta Bb sesuai dengan interval kelas yang mengandung X. Setelah ditentukan seluruh komponen tersebut selanjutnya hitung JP dengan rumus yang telah ada.

Soal Latihan :

1.Tentukan berapa banyak individu yang berada pada dan dibawah nilai 65 dan berapa persen jumlah individu yang berada diatas nilai 50 dari data berikut ini:

Nilai
30
45
50
65
70
75
Jumlah
Frekuensi
5
10
15
8
7
5
50
 
2. Berikut tersaji data tentang besar penghasilan karyawan perusahaan X di kota A yang dinyatakan dalam satuan ribuan setiap bulan.

Penghasilan
301-400
401-500
501-600
601-700
701-800
801-900
Jumlah
Frekuensi
23
13
10
15
20
34
115

Berdasarkan data tersebut tentukan JP625 dan berikan penjelasan/ makna terhadap hasil perhitungan anda!






Materi lengkapnya dapat anda lihat di
http://manyfiles4u.blogspot.com/2012/03/pengantar-statistik-sosial.html


Thanks For
http://manyfiles4u.blogspot.com/2012/03/pengantar-statistik-sosial.html


0 Response to "JENJANG PERSENTIL (JP)"

Post a Comment