Jenis Vegetasi Mangrove



Jenis-Jenis Vegetasi di Kawasan Mangrove

Mangrove adalah vegetasi khas daerah tropika dan subtropika yang tumbuh pada tanah lumpur di dataran rendah di daerah batas pasang-surutnya air, tepatnya daerah pantai dan sekitar muara sungai. Tumbuhan tersebut tergenang di saat kondisi air pasang dan bebas dari genangan di saat kondisi air surut.

Hutan mangrove terdiri atas berbagai jenis vegetasi. Beberapa jenis yang dikenal antara lain Tanjang Wedok (Rhizophora apiculata ) atau bakau putih atau bakau gede, Tanjang Lanang (Rhizophora mucronata) atau bakau hitam atau bakau leutik, dan bakau (Rhizophora stylosa).
Di samping itu terdapat juga Bruguiera gymnorrhiza, Bruguiera parviflora, Bruguiera cylindrical, Bruguiera sexangula.
Jenis vegetasi lain adalah dari family Sonneratiaceae, yakni Sonneratia alba J.E.Smih, Sonneratia caseolaris (L) Engl., dan Sonneratia ovate Back. Selain itu terdapat juga family Verbenaceae, misalnya Avicennia alba BL, Avicennia marina (Forsk) Vierh., dan Avicennia officinalis L., terdapat juga Nypa fruticans dan masih banyak lagi yang lain.


Vegetasi mangrove mengembangkan perakaran yang unik, yaitu pneumatophore (akar nafas) yang berfungsi untuk mengambil oksigen dari udara dan bertahan pada substrat yang berlumpur. Bentuk-bentuk perakaran tegakan mangrove antara lain:

1.      Akar tunjang
Akar tunjang yaitu akar yang mencuat dari batang bercabang-cabang ke bawah permukaan lumpur dan menggantung bagaikan busur panah. Jenis akar tunjang terdapat pada vegetasi jenis Rhizophora sp (bakau-bakauan)

2.      Akar pasak atau tunggak
Akar pasak atau tunggak yaitu akar yang tumbuh terpencar, dengan anak-anak akar muncul dipermukaan air bagaikan tombak yang berdirikan. Jenis akar pasak terdapat pada vegetasi jenis Avicennia sp. (api-api) dan Sonneratia sp. (pedada)

3.      Akar lutut
Akar lutut yaitu akar yang tumbuh mendatar dan bergelombang, di atas dan di bawah permukaan air. Jenis akar lutut terdapat pada vegetasi jenis Bruguire sp. Yang juga disebut lindur atau lenggada atau bius atau tancang

Beberapa jenis vegetasi Mangrove yang terkenal yaitu bakau (Rhizopora sp.), api-api (Avicennia sp.), Pedada (Sonneratia sp.), Tanjang (Bruguiera sp,) sedangkan fauna yang merupakan ciri khas kawasan mangrove yaitu ikan glodok.

Thanks for referensi:
a)      Arief, Arifin. 2007. Hutan Mangrove. Yogyakarta: Kanisius

b)      Fauziah, Y. 1999. Prospek Rehabilitasi Hutan Mangrove Pangkalan Batang Bengkalis, Riau Ditinjau dari Vegetasi Strata Semai. Dalam Prosiding Seminar VI Ekosistem Mangrove di Pekanbaru, 15-18 September 1998.

c)      Kasim, Ma’ruf. 2008. Mengenal Pola Rehabilitasi Mangrove Partisipative. Online, (http://www.google.com).

d)     Noor, dkk. 1999. Panduan Pengenalan Mangrove di Indonesia. Bogor: PKA/WI-IP.


f)       Savitri, L.A. dan M. Khazali. 1999. Pemberdayaan Masyarakat dalam Pengelolaan Wilayah Pesisir. Bogor: Wetlands International Indonesia Programme.

g)      Subing, H. Z. 1995. Pengembangan Wilayah Pantai Terpadu dalam Rangka Pembangunan Daerah. Dalam Prosiding Seminar V Ekosistem Mangrove di Jember, 3-6 Agustus 1994.

h)      Sudarmadji. 2001. Rehabilitasi Hutan Mangrove Dengan Pendekatan pemberdayaan Masyarakat Pesisir (Jurnal). Jember: FMIPA Universitas Jember

i)        The Mangrove Information Centre. Online, (http://www.mangrovecentre.or.id). Diakses 17 Nopember 2008

j)        Undang-Undang Nomor 41 Tahun 1999 tentang Kehutanan. Jakarta: Departemen Kehutanan Republik Indonesia

0 Response to "Jenis Vegetasi Mangrove"

Post a Comment